Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Kompasiana Meluncur dengan Tenaga dan Tampilan Baru!

7 Juni 2017   11:12 Diperbarui: 7 Juni 2017   12:46 1236 25 24
Kompasiana Meluncur dengan Tenaga dan Tampilan Baru!
Kompasiana Meluncur dengan Tenaga dan Tampilan Baru!

Kemarin, mungkin Anda terheran-heran mengapa ketika membuka Kompasiana kadang selalu diarahkan ke tampilan Kompasiana yang berbeda dari yang biasanya. Yak, saat ini Anda sudah bisa mengakses Kompasiana dengan wajahnya yang lebih segar. Dua tahun yang lalu Kompasiana bertransformasi dengan tampilan yang saat ini Anda akses, dan di tahun ini dengan beberapa penyesuaian fitur yang sebelumnya belum pernah ada di Kompasiana sebelumnya, Kompasiana tak hanya muncul dengan tampilan teranyar, tapi juga dengan mesin yang mampu menopang Kompasiana baru, jauh lebih baik.

Anda saat ini dapat mengakses Kompasiana baru dengan klik menu (Lihat Kompasiana Baru) di profil Anda, dan sebaliknya apabila Anda ingin kembali ke tampilan sebelumnya, atau akses melalui URL (v20106.kompasiana.com) untuk mencari tahu lebih lengkap seperti apa wajah baru Kompasiana, tapi Anda sebelumnya sudah harus set akun Anda di profil untuk menuju Kompasiana baru.

Beberapa minggu yang lalu, Kami mengundang 11 Kompasianer untuk menguji coba sebagai responden awal untuk mengetahui seberapa efektif, dan kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh Kompasianer di versi terbaru. Memang belum bisa mewakili suara dari seluruh Kompasianer, tapi minimal kita bisa mengetahui impresi awal dari sisi pengguna. Tampilan dan fitur yang dimunculkan ini tentunya sudah melalui riset dari perkembangan tren yang ada di dunia digital Indonesia, khususnya platform blogging seperti Kompasiana. Tapi, kami tetap membutuhkan masukan dari rekan-rekan Kompasianer. Silakan diulas di artikel masing-masing untuk memberikan kritik konstruktif untuk Kompasiana terbaru ini.

Mulai di bulan ini, Kompasiana akan tampil dengan dua versi berbeda. Setelah semua stabil dan fitur telah lengkap, kami akan menutup semua akses ke Kompasiana versi lama. Kami menambahkan fitur yang jauh lebih kompleks dibandingkan versi sebelumnya, kami tak hanya prioritaskan artikel pilihan dari admin, tapi kami juga menambah satu mesin yang mampu memilihkan daftar yang mungkin Anda sukai dan sesuai dengan kebiasaan membaca Anda.

Apa Saja Fitur di Kompasiana Baru?

kompasiana-baru-59376e0fd07a61b1156269ba.png
kompasiana-baru-59376e0fd07a61b1156269ba.png

Anda bisa simak terlebih dahulu di posisi paling atas halaman Kompasiana Anda, dalam top menu bar tersebut sudah tersedia tombol cepat untuk mulai menulis yang berada di bagian kanan atas, persis di sebelahnya juga sudah tersedia search bar yang sudah berfungsi untuk mencari apapun yang terkait di Kompasiana. Dan satu icon profil Anda yang akan memudahkan Anda untuk mengarah ke informasi yang lebih lengkap terkait akun Anda. Sebenarnya masih ada lagi satu fitur yang belum kami munculkan, yaitu fitur Notifikasi. Dalam beberapa pekan ke depan, kami sedang menyiapkan fitur ini, yang nantinya akan berguna sebagai alert untuk segala aktivitas yang Anda lakukan, seperti komentar, artikel yang ditayangkan hingga aktivitas penulis yang Anda ikuti. 

Turun sedikit ke bawah, Anda akan menemukan enam menu yang juga tampil baru. Kategori yang menggantikan nama rubrik (dalam beberapa waktu ke depan akan disederhanakan agar lebih fokus). Terpopuler yang akan mengarahkan Anda untuk mengetahui artikel yang sedang populer di semua kategori yang tersedia. Pilihan Editor akan menampilkan deretan artikel yang telah dipilih oleh tim Kompasiana setelah masuk di headline maupun highlights. Penulis Yang Diikuti ini menu baru yang cukup spesial, mengapa? Karena semua Kompasianer yang Anda telah ikuti, semua deretan artikel yang mereka telah tayangkan akan muncul di menu ini, Anda bisa mendapatkan semua artikel berdasarkan Kompasianer yang Anda sukai saja. Terbaru, masih sama dengan versi sebelumnya, menampilkan deretan artikel yang masih fresh. Event adalah menu yang akan sangat berguna apabila Kompasianer ingin mengetahui informasi seputar event yang diselenggarakan oleh Kompasiana.

Kompasiana baru tampil dengan tata letak yang juga berbeda, versi sebelumnya ada tiga baris untuk menampilkan menu. Di versi kali ini akan lebih simpel karena hanya akan ada dua baris saja. Namun ada beberapa tambahan menu yang cukup baru, apa sajakah menu tersebut?

ARTIKEL UTAMA (SLIDING)

Turun ke bagian bawah menu top bar, Anda akan menemukan deretan artikel yang bergeser ke samping. Ini adalah tata letak terbaru dari artikel pilihan utama atau headline. Jumlahnya akan tetap sama yaitu ada 9 artikel yang berkesempatan untuk bisa berada di posisi tertinggi ini. Setiap artikel akan berganti setiap 30 menit per satu artikel. 

ALIRAN ARTIKEL PILIHAN EDITOR

Pemilihan nama ini mungkin baru bagi Anda, Kompasianer. Jika di versi sebelumnya kita mengenal menu highlights (pilihan) dan headline. Di aliran ini Anda akan menemukan hal yang berbeda setelah melakukan login nantinya, karena yang muncul di deretan artikel ini bukan hanya berdasarkan urutan highlights saja, tapi juga artikel berdasarkan rekomendasi yang dipilih secara otomatis oleh mesin, berdasarkan apa yang kemungkinan Anda sukai dan menjadi kebiasaan Anda saat membaca artikel di Kompasiana, tetapi semua yang tampil di halaman depan hanya artikel yang telah dipilih secara kualitatif oleh tim Kompasiana.

TOPIK PILIHAN

Fitur ini sebenarnya sudah ada di versi sebelumnya, tapi kali ini dengan penyempurnaan yang lebih baik. Karena di dalam topik pilihan ini akan ada sebuah gambar yang lebih menarik atensi pembaca, sekaligus ada daftar artikel dari Kompasianer yang mencantumkan sebuah Label yang sesuai dengan topik pilihan tersebut. Kesempatan untuk tampil di halaman depan semakin besar melalui fitur topik ini.

KOMPASIANER PILIHAN

Menu ini benar-benar fresh, karena baru di versi ini kami bisa menghadirkan menu yang semakin menguatkan personal branding Kompasianer. Menu ini akan dipilih secara berkala oleh tim Kompasiana berdasarkan keunikan, popularitas, dan daya tarik utama yang dimiliki oleh Kompasianer tersebut. Ada satu tombol Follow yang nantinya akan sangat berguna bagi Kompasianer, karena ketika Anda mengikuti Kompasianer tersebut, Anda akan mendapatkan informasi dan aktivitas seputar Kompasianer yang Anda follow tersebut.

PRO KONTRA

Anda pasti sudah tahu menu ini karena sebenarnya masih dengan format yang sama dengan versi sebelumnya. Menu ini adalah menu yang memungkinkan Anda memberikan pendapat Anda dalam bentuk ulasan singkat dengan penegasan sebuah pilihan sisi mana yang akan Anda pilih.

LABEL POPULER

Fitur ini sebelumnya berada di posisi atas, karena pertimbangan estetika. Kami memindahkan posisinya menjadi berada di bagian kanan bersanding dengan menu-menu lainnya. Fitur ini berfungsi untuk mengetahui label mana yang sedang banyak ditulis oleh Kompasianer.

NILAI TERTINGGI & TERPOPULER

Kedua menu ini juga masih sama dengan versi sebelumnya. Saat ini masih dalam tahap penyempurnaan sistem dan untuk Nilai Tertinggi akan segera dipasang setelah mesin yang baru telah siap digunakan.

***

Pada bagian paling bawah, Anda akan menemukan deretan link yang Akan memandu Anda saat ingin mengetahui informasi lebih lengkap dari Tentang Kompasiana, Syarat dan Ketentuan yang berlaku di Kompasiana, ingat semua peraturan akan tertera lengkap di menu ini, jangan bingung ketika ada artikel yang bermasalah tiba-tiba dihapus oleh tim Kompasiana. Apabila Anda kurang puas saat menjelajahi Kompasiana, selanjutnya Anda bisa menggunakan fitur bantuan atau kontak kami lebih lanjut agar pertanyaan Anda lebih jelas terjawab dan sesuai arah.

Dalam artikel ini, kami hanya memperkenalkan sedikit fitur-fitur yang berada di halaman welcome page, selanjutnya akan kami perkenalkan juga fitur-fitur yang ada di halaman baca dan juga profil Anda. Simak terus dan jangan lupa follow akun KOMPASIANA. Dan kami masih berharap dengan masukan-masukan dari seluruh Kompasianer untuk pengembangan Kompasiana ke depannya. Apabila Anda menemukan fitur yang tidak sesuai dengan fungsinya atau mau memberikan masukan silakan isi melalui FORMULIR, atau Anda juga bisa langsung memberikan ulasannya melalui artikel. Tunggu update selanjutnya.

Selamat Berjelajah, Kompasianer!

---

Kevinalegion
Content and Community Officer.