Kompas.com
Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Regional Pilihan

Penghormatan untuk Nicky Hayden di WSBK Donnington Park

28 Mei 2017   04:14 Diperbarui: 28 Mei 2017   10:45 211 0 0
Penghormatan untuk Nicky Hayden di WSBK Donnington Park
Upacara untuk mengenang Nicky Hayden di WSBK Doninggton Park

Jakarta, Otomania.com – Gelaran balapan World Super Bike (WSBK) yang berlangsung di Donnington Park, Inggris, Sabtu (27/5/2017) berselimut duka. Pasalnya gelaran balapan ini menjadi yang pertama kali digelar tanpa kehadiran Nicky Hayden.

Hayden meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan saat dirinya bersepeda 22 Mei lalu. Kematiannya menyisakan kesedihan bagi keluarga, teman, rival di lapangan serta fans seluruh dunia.

Pada balapan kali ini berbagai cara dilakukan manajemen WSBK untuk mengungkapkan penghormatan pada juara dunia MotoGP 2006 tersebut. Di bagian sirkuit dibuat memorabilia pernak-pernik serta CBR1000RR Fireblade SP2, motor tungganggan Hayden untuk dilihat pengunjung. Tidak sedikit yang mengucapkan bela sungkawa pada buku yang disediakan pihak panita.

Sebelum balapan pertama dimulai, seluruh komunitas WSBK juga menunjukkan rasa sedih dan hormat mereka pada pebalap dengan julukan Kentucky Kid tersebut. Aksi one minute silent dilakukan sebagai tanda penghormatan mereka.

Para pebalap juga memberikan cara lain untuk menghormati rekan balap mereka. Nomor 69 milik Hayden terpampang di motor maupun helm para pebalap.

”Nicky seorang pebalap, dan dibesarkan di lingkungan keluarga yang menggemari balapan. Seluruh hidupnya hanya soal balapan. Kami disini akan terus menjaga semangatnya dan memberikan penghargaan untuknya dengan segala cara,” ucap Stefan Bradl, rekan satu tim Hayden di Red Bull Honda.

Pihak keluarga mengungkapkan Hayden akan dimakamkan pada Senin (29/5/2017) di pemakaman St Stephen Cathedral Church. Prosesi pemakamannya akan disiarkan langsung melalui facebook fan page Nicky Hayden. Pihak keluarga juga akan mendirikan Nicky Hayden Memorial Fund untuk membantu anak-anak di lingkungan tempat tinggal Hayden.

Dari hasil balapan pertama WSBK, pebalap Kawasaki Tom Sykes merebut podium pertama. Tempat kedua diraih Leon Haslam dari tim Pucetti Kawasaki serta tempat ketiga oleh Alex Lowes dari Pata Crecent Yamaha.