Agung Nugroho
Agung Nugroho Dosen

Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang 2019

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

KKN UM 2019: Festival Ramadhan, Semarak Ramadhan Penuh Ceria bersama Masyarakat Desa Seboro

11 Juni 2019   23:40 Diperbarui: 12 Juni 2019   00:46 15 0 0
KKN UM 2019: Festival Ramadhan, Semarak Ramadhan Penuh Ceria bersama Masyarakat Desa Seboro
dokpri

Jumat, 31 Mei 2019 menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu. Pada tanggal tersebut diadakan salah satu lomba bagi masyarakat desa Seboro. Lomba tersebut bernama Festival Ramadhan. Festival Ramadhan merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN UM 2019. Program kerja tersebut berupa lomba bagi anak-anak / siswa SD masyarakat desa Seboro. Lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan bagi anak-anak di Desa Seboro.

Selain itu, juga untuk meningkatkan jalinan silaturahmi antar masyarakat di desa Seboro. Adapun lomba yang disajikan antara lain lomba Adzan bagi anak-anak pria, dan lomba Tartil Al-Qur'an bagi anak-anak perempuan. Festival Ramadhan sendiri diadakan di Musholla Al-Hikmah desa Seboro. Lomba diadakan pada sore hari. Namun, tidak sedikit peserta yang tiba di lokasi lomba terlebih dahulu. Hal tersebut tentu menunjukkan betapa antusiasnya masyarakat desa Seboro untuk mengikuti lomba tersebut. Lomba tersebut secara resmi dibuka oleh Bapak Tamim selaku pengasuh musholla Al-Hikmah. 

Acara diawali dengan lomba adzan bagi peserta laki-laki. sebanyak 14 peserta menampilkan kemampuan masing-masing dalam adzan. Adapun dewan juri berjumlah tiga orang, yaitu Agung Nugroho, Ariq Adnan, dan Endika Priambodo. Ketiga juri mengaku cukup kesulitan dalam menilai karena kemampuan masing-masing peserta yang tidak saling berbeda. Hal serupa juga diungkapkan oleh dewan juri dalam lomba tartil Al-Qur'an yang dilaksanakan setelah berakhirnya lomba adzan. Kemampuan membaca al-quran pada anak-anak di desa Seboro sangat baik. Sehingga dalam penentuan pemenang pun juga akan kesulitan. 

Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang setelah berakhirnya seluruh kegiatan perlombaan. Pemenang diambil dari 3 terbaik masing-masing lomba. Adapun pemenang lomba adzan tersebut adalah Muhammad Iwan Firdaus (Juara I Lomba Adzan), Aris Wahyudi (Juara II Lomba Adzan), dan Taufik Hidayat (Juara III Lomba Adzan). Sedangkan untuk pemenang lomba tartil al-quran adalah Novita Dwi Anggraini (Juara I Lomba Tartil), Siti Nazilha (Juara II Lomba Tartil). dan Dwi Afkarina (Juara III Lomba Taril).