Kifayatul ahyar
Kifayatul ahyar Kontributor NU Online Banyumas - Cilacap

Kontributor NU Online Banyumas - Cilacap

Selanjutnya

Tutup

Sehat Saat Puasa Pilihan

Puasa Itu Menyehatkan Badan

5 Juni 2018   22:45 Diperbarui: 5 Juni 2018   23:02 1335 1 0

Melakukan ibadah atau bepuasa itu sangat mensehatkan bagi semua umur, bukan hanya bagi orang dewasa saja, tetapi bagi anak-anak, orang tua, wanita hamil dan semua orang yang mau melakukannya.

Penegasan itu diungkapkan Dr Agus Ujianto, Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Banyumas, Ahad (20/5) di Kantor PCNU Banyumas

"Yang penting dalam berpuasa adalah niatnya," tegas dokter spesialis bedah itu

Semua penyakit yang ada didalam tubuh kita, misalnya jantung dan diabetes itu bisa disembuhkan dengan cara melakukan terapi puasa atau berpuasa.

Karena berpuasa itu melatih stres, "Bukan hanya stres fisik saja, tapi sampai ke organ dan sel-sel yang ada didalam tubuh kita," lanjut Dr Agus

Dengan berpuasa kita bisa menstressor kekebalan tubuh kita, kekuatan syaraf, fungsi pencernaan, fungsi jantung, dan bahkan sampai bisa menstresseor ke tulang-tulang dan sel-sel organ didalam tubuh kita.

"Stresor dalam bidang kesehatan adalah stimulus atau peristiwa yang menimbulkan respon stres pada suatu organisme," Jelas Dr Agus

Berpuasa adalah hal yeng sangat mensehatkan tersebut juga diakui oleh para ilmuan barat, mereka menyebutnya dengan intermittent fatsing atau puasa yang intermittent.

"Tidak makan, ada jeda beberapa jam terus makan lagi, dalam bahasa kita ya buka dan sahur," tambah Dr Agus

Intermittent fatsing menrut Dr Agus sudah banyak digunakan untuk melakukan terapi pengobatan penyakit epilepsi, penyakit jatung, saraf, nyeri dan sebagainya.