Irani Faza Ghani
Irani Faza Ghani

penulis di MUSIK KERAS ZINE

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

HARDCORE bukan sekedar genre musik

17 Juni 2017   00:34 Diperbarui: 17 Juni 2017   00:55 3779 0 0
HARDCORE bukan sekedar genre musik
i-love-hardcore-sticker-594418f663afbdbf28f3d09f.jpg

Hardcore adalah musik yang saat ini lagi trend di kalangan para remaja.Terus apa sebenarnya Hardcore itu?

Dan dimana Hardcore itu mulai muncul?


Mari kita bahas satu persatu



Apa sih Hardcore itu?



Arti Kata Hardcore Sendiri adalah istilah generik yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang lebih ekstrem daripada versi biasanya



Yang akan kita bahas di sini adalah Hardcore musik berserta Life style dan Pergerakannya.



Hardcore punk atau Hardcore suatu genre musik yang lahir di daratan negeri Paman Sam,Amerika.Hardcore sendiri adalah sebuah pengembangan dari musik punk,jadi antara Hardcore dan Punk mempunyai suatu kaitan erat yang tidak  dapat dipisahkan.



Tipikal musik Hardcore ini biasanya mengandalkan distorsi gitar dengan sound tebal dan berat,tempo lebih  cepat dari musik punk.Sedang untuk liriknya biasa bertema sosial,kebebasan berpendapat,perang dan pergerakan dan scene Hardcore itu sendiri.



Arti lain dari hardcore adalah merupakan suatu bentuk ekspresi yang di keluarkan dalam bentuk gaya hidup dengan pemikiran kedepan & perhatian mereka terhadap lingkungan hidup.



Awal mula  Hardcore



Hardcore mulai populer awal taun 80an. Black Flag,The Germs,Teen Idles,Minor Threat,dan masih banyak yang lainya sudah duluan memainkan musik ini  dan  eksis dari taun 70an.



Istilah hardcore sendiri,sudah di cantumkan band asal vancouver dengan namaD.O.A yang punya andil besar karna ada tulisan HARDCORE di album mereka, "hardcore '81" dan tentu saja media juga berperan besar dalam mempopulerkan Hardcore.



Di tahun (80an), media menggambarkan musik blackflag dan badbrains adalah Hardcore, dan kita tau bahwa Hardcore itu berkonotasi porno (media melihat banyak gambar seksual di album black flag).



Band -band Hardcore di Amerika banyak di dominasi oleh band-band asal New York.Scene Hardcore di sana yaitu  New York City Hardcore berkembang secara signifikan,dan pusat scene mereka berada di CBGB.Pentolan-pentolan band dari kota ini antara lain Warzone,Agnostic Front,Cro-Mags,Bad brains ,Murphy's Law dan lain-lain.



Band Hardcore asal New  York kebanyakan adalah  Skinhead,dan dari segi  musik yang dimainkan para skinhead amerika adalah hardcore, karena mereka lebih memilih memainkan musik hardcore yang lebih keras dan kencang daripada musikskinhead inggris.



Awal sampai pertengahan tahun 80an adalah masa kejayaan oldschool hardcore dimana banyak band-band bermunculan dari setiap sudut kota. di kala itu, hardcore adalah sesuatu yang fresh dan baru, ditambah lagi masa itu adalah masa kejayaan reagan dengan sistem reaganomicnya yang terkenal.



Reagan adalah musuh bagi kaum liberal, minoritas, kaum menengah kebawah dan hardcore. dampaknya adalah, banyak band-band hardcore bernyanyi menentang reagan. banyak lagu hardcore yang ditujukan untuk menentang reagan.



Dance ala Hardcore



Jika punk inggris di tahun  70an punya pogo dan punk dancing, hardcore menciptakan slamdancing dan beberapa tarian rusuh lainnya seperti stagediving, yang

diadaptasikan dari tarian rusuh punk. tarian2 inilah yang akhirnya jadi seragam serentak buat moshing bahkan diadaptasi oleh scene2 lainnya diluar gigs hardcore



Lahirnya Straight Edge



Minor Threat adalah salah satu yang mempelopori gerakan Straight Edge. Minor Threat menyerukan Straight Edge kepada komunitasnya yaitu dengan mengajak komunitas hardcore untuk hidup lebih positif.



Karena pada era tahun 1970-an banyak para remaja yang mati sia - sia akibat penggunaan Narkoba yg kelewat batas.



Straight Edge kemudian di pecah menjadi dua bagian, yaitu bagian positif yg merupakan pengikut dari kalangan vegetarian & anti rokok, sedangkan bagian yg negatif adalah sebaliknya.



Jadi Hardcore itu tidak sebatas genre musik,tapi juga mencakup lifestyle,attitudedan movement..

sumber MUSIK KERAS ZINE