Ikrom Zain
Ikrom Zain Tutor

Hanya seorang pribadi yang suka menulis. Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

Lima Tempat Menarik untuk Menunggu Berbuka Puasa di Kota Jogja

16 Mei 2019   03:00 Diperbarui: 16 Mei 2019   03:12 78 4 1
Lima Tempat Menarik untuk Menunggu Berbuka Puasa di Kota Jogja
Ilustrasi. - Dokpri


Bulan puasa sebenarnya lebih asyik digunakan sebagai ibadah, bukan untuk jalan-jalan.

Tapi jika ada sedikit waktu luang, tak ada salahnya untuk melakukan kegiatan ini selama bulan puasa. Yang penting, tidak mengganggu aktivitas ibadah puasa. Salah satu tempat andalan untuk berwisata adalah Kota Jogja. Kota yang membuat kangen banyak orang ini masih cukup diminati untuk dikunjungi selama bulan puasa.

Meski kunjungan wisatawan tak seramai pada bulan-bulan  biasa, bukan berarti Jogja tidak bisa dikunjungi selama bulan puasa. Nah, berikut ini beberapa tempat menarik yang bisa dijadikan alternatif kala mengunjungi Kota Jogja terutama di bulan puasa.

Perpustakan Grahatama Pustaka

Mengunjungi Kota Jogja saat bulan puasa berarti harus siap untuk merasakan terik yang menyerang. Maka, saya lebih memilih untuk menyepi di perpusatakaan terbesar di Kota Jogja. Perpustakaan yang saya maksud adalah Perpustakaan Grahatama Pustaka.

Perpustakaan milik Pemprov DIY yang terletak di Jalan Janti ini menjadi alternatif kala berkunjung ke Kota Jogja saat berpuasa. Selain bisa menentramkan hati dari bentuk bangunan yang cukup unik, suasana adem yang berasal dari aneka tumbuhan sangat terasa. Dahaga kala berpuasa tak lagi muncul.

Jika sudah mendekati waktu berbuka puasa, kita bisa membeli makan dan minum di sekitar Gedung JEC yang terletak tak jauh dari perpustakaan ini. Atau, kita bisa menikmati kuliner di kawasan Blok O, yang merupakan pusat kegiatan mahasiswa dari STTA.

Perpustakaan Grahatama. - Dokpri
Perpustakaan Grahatama. - Dokpri

Perpustakaan Kota Jogja

Sebagai salah satu perpustakaan yang masih diminati, Perpustakaan Kota Jogja masih menjadi salah satu alternatif yang bisa dijadikan jujugan kala mengunjungi Kota Jogja di waktu bulan puasa.

Walau tidak sebesar Perpustakaan Grahatama, Perpustakaan Kota Jogja juga bisa dijadikan jujugan. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat perpustakaan ini mudah dikunjungi. Koleksi buku yang menurut saya cukup lengkap juga bisa jadi alternatif menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa.

Yang saya suka dari Perpustakaan Kota Jogja adalah dikelilingi banyak tempat menarik yang asyik dikunjungi. Semisal, Taman Median Jalan Suroto yang kini dipercantik dengan aneka bangku taman dan berbagai pernak-pernik patung. Beberapa bangunan lawas yang eksotik di sepanjang jalan tersebut juga bisa dijadikan obyek fotografi sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Taman median Jalan Suroto. Tampak Perpustakaan Kota Jogja di sebelah kanan. - Dokpri
Taman median Jalan Suroto. Tampak Perpustakaan Kota Jogja di sebelah kanan. - Dokpri

Jembatan Sayidan

Jembatan Sayidan merupakan salah satu jembatan yang berada di dekat Taman Pintar. Jembatan ini membentang di atas Kali Code yang merupakan salah satu sungai jalur lahar dingin Gunung Merapi. Di salah satu sisi Jembatan Sayidan, terdapat warung lesehan yang menyajikan berbagai menu lalapan dan nasi goreng.

Selain bisa digunakan untuk buka bersama, menikmati petang sambil menunggu berbuka puasa di sekitar Jembatan Sayidan juga memberi kesan tersendiri. Apalagi kalau bukan Romantisme Kota Jogja yang diabadikan dalam lagu Sayidan gubahan grup band Shaggy Dog.

Jembatan Sayidan. - Dokpri
Jembatan Sayidan. - Dokpri

Ndalem Notoprajan

Ndalem Notoprajan merupakan salah satu bangunan kuno yang berada di lingkungan Keraton Jogja. Bangunan ini merupakan tempat tinggal salah satu pangeran Keraton Jogja. Nah, di dekat bangunan ini, terdapat beberapa pedagang makanan yang menjajakan aneka jenis makanan rumahan yang bisa digunakan untuk menu berbuka puasa.

Kompleks Ndalem Notoprajan. - Dokpri
Kompleks Ndalem Notoprajan. - Dokpri

Kompleks Masjid Gedhe Kauman

Menunggu saat berbuka puasa juga lebih asyik dilakukan di masjid. Kita bisa menghabiskan waktu sambil mengaji, mendengarkan ceramah, atau membaca puji-pujian. Salah satu masjid yang terekomendasi untuk dikunjungi di Kota Jogja adalah Masjid Gedhe Kauman.

Masjid yang juga masih berada dalam lingkup Keraton Yogyakarta ini juga kerap memberikan menu buka puasa kepada jamaahnya. Salah satunya adalah menu gulai kambing yang biasanya diberikan setiap hari kamis. Pemberian menu gulai kambing sendiri konon sudah dilakukan sejak masa Sultan Hamengkubuwono  VIII sebagai syiar agama Islam dan untuk perbaikan gizi masyarakat.

Masjid Gedhe Kauman. - Dokpri
Masjid Gedhe Kauman. - Dokpri

Nah, itulah beberapa tempat menarik di Kota Jogja yang masih bisa dikunjungi ketika bulan puasa tiba. Jadi, sudah ada rencana pergi ke kota gudeg ini ketika bulan Ramadan?