Heru Riswan
Heru Riswan karyawan swasta

orang yang akan pergi bersama angin,,calon seorang sosiolog. mantan barista

Selanjutnya

Tutup

Sehatsaatpuasa

Ini Jawaban Mengenai Mitos Atau Fakta Saat Puasa

2 Juni 2018   22:30 Diperbarui: 2 Juni 2018   22:48 734 2 0
Ini Jawaban Mengenai Mitos Atau Fakta Saat Puasa
inilah.com

saat kita berpuasa di bulan ramadhan banak sekali mitos dan fakta yang kita temui mulai dari hal-hal yang sepele hingga hal-hal yang menurut kita kurang masuk akal.

Berkembangnya mitos dan fakta engenai puasa dikarenakan budaya di daerah setmpat atau bahkan dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat yang belum terbukti secara ilmiah mengenai mitos yang berkembang di masyarakat.  Perlu mendalami sebuah mitos yang berkembang di masyarakat menjadi fakta yang arus kita ketahu.  Diantara mitos-mitos tersebut saya rangkum menjadi beberapa bagian yang harus kita fahami secara pasti.  Berikut adalah mitos dan fakta mengenai ibadah puasa.

Sikat gigi setelah imsak, beberapa masyarakat menyebutkan untuk tidak gigi saat berpuasa.  Faktanya sikat gigi di perbolehkan saat kita menjalankan ibadah puasa karena itu merupakan salah satu bentuk dari kebersihan.  Saat berpuasa kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihat terutama didaerah mulut kita karena ketika berpuasa hampir sembilan jam perkembangan bateri dimulut menjadi lebih cepat yang menyebabkan mulut berbau tak sedap.

Berolahraga saat berpuasa berbahaya.  Faktanya olahraga saat berpuasa idak berbahaya bagi kita yang terbiasa untuk melakukan olahraga dengan perut kosong.  Bagi yang belum terbiasa mungkin tubuh akan terasa lebih lemas.  Saat berpuasa bukan berarti tubuh kita tidak sama sekali berolahraga.  Lakukan olahraga sesuai porsinya seperti lari, jogging dan masih banyak lagi olah raga kecil yang dapat kita lakukan saat berpuasa.

Puasa dapat mengeluaran racun di tubuh kita.  Faktanya adalah makanan yang kita konsumsi saat berpuasa tidak menghasilkan racun, yang terjadi adalah ketika kita mengkonsumsi makanan tiddak sehat adalah terjadinya stres oksidatif.  Stress oksidatif sendiri adalah kondisi dimana jumlah radikal  bebas dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya, yang berakibat kerusakan sel dalam tubuh kita.  Jadi kita harus menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh kita usahakan untuk selalu memakan makanan yang bergizi  bagi tubuh kita.

Puasa dapat menurunkan berat badan.  Faktanya adalah puasa mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan memberi tahu bahwa kalori yang diserap kurang dari yang dibutuhkan.  Hal ini menyebabkan tubuh untuk mengurangi penyerapan metabolisme tubuh agar tetap efisien dan mengaktifkan mekanisme perlindungan alami tubuh untuk melawan rasa lapar.  Saat puasa juga kita harus memperhatikan asupan gula dalam tubuh kita agar kalori yang kita konsumsi tetap terkontrol.

Sebetulnya masih banyak sekali fakta dan mitos mengenai puasa yang tidak bisa di jelaskan secara gamblang, namun pada dasarnya sebuah mitos harus dicari dan ditelusuri mengenai informasi yang akurat sehingga tidak menjadi simpangsiur yang mengakibatkan berita yang tidak jelas.