hermini yuliawati
hermini yuliawati Freelancer

Perempuan yang suka menulis dan jalan-jalan.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Cara Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi bersama Shell V-Power

25 Mei 2019   14:38 Diperbarui: 25 Mei 2019   14:49 23 2 0
Cara Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi bersama Shell V-Power
Pastikan bahan bakar kendaraamu penuh ya, sebelum mudik.

Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, apalagi yang ditunggu-tunggu kalau bukan pulang kampung alias mudik. Untuk mendapatkan tiket kereta api atau pesawat biasanya harus dibooking dari jauh-jauh hari biar nggak kehabisan dan menghindari harga tiket yang melambung tinggi.

Nah, untuk kamu yang memutuskan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, aku punya beberapa tips mudik yang bisa kamu lakukan agar aman dan nyaman di jalan.

Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi!

1. Sebelum mudik, rencanakan perjalananmu dengan cermat.

Meskipun kamu mudik tiap tahun, namun tidak ada salahnya untuk tetep merencanakan perjalanamu jauh-jauh hari.

Tentukan kapan kamu akan pergi mudik, lalu pilih rute yang akan kamu ambil dengan mempertimbangkan arus mudik yang akan terjadi.

Setelah itu pikirkan dan siapkan logistik, yaitu berupa makanan dan minuman selama perjalanan, pakaian selama berlibur, dan obat-obatan pribadi yang dibutuhkan.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum mudik, pastikan mesin kendaraanmu dalam keadaan prima, kalau bisa cek ke bengkel agar perjalanan mudikmu tidak terganggu hanya karena mobilmu mogok. Selain itu, pastikan juga ban mobilmu berada pada kondisi yang baik, serta pilihlah bahan bakar yang tidak boros.

3. Bawa perlengkapan perlengkapan otomotif

Ban serep, obeng, kunci dan berbagai perlengkapan otomotif lainnya adalah hal wajib yang harus kamu bawa saat mudik nanti. 

Meskipun kondisi mobilmu sudah cukup prima, namun tidak ada salahnya untuk membawa perlengkapan otomotif yang siapa tahu akan kamu butuhkan untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan.

4. Pastikan surat-surat kendaranmu lengkap.

Jauh hari sebelum berangkat mudik, pastikan bahwa surat kendaraanmu, SIM dan STNK sudah lengkap dan masih berlaku.

5. Hindari Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas Kendaraan.

Terkadang pulang mudik menjadi ajang silaturahmi untuk semua keluarga, tapi bukan berarti kamu memaksa diri membawa penumpang melebihi kapasitas.

Yang namanya perjalanan jauh haruslah nyaman, kalau berdesakan-desakan malah bikin sesak dan cape karena pegal tidak bisa bergerak.

6. Beristirahatlah yang cukup sebelum berangkat

Meskipun jaraknya cuma 1 kota, namun yang namanya mudik, arus lalu lintasnya tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu usahakan untuk beristirahat yang cukup sebelum berangkat biar staminmu tidak drop.

7. Gunakan pakaian yang nyaman

Agar perjalananmu menyenangkan dan tetap nyaman usahakan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan enak dipakai seperti celana katun, kaos dan juga jaket. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat yang bisa membuatmu tidak nyaman untuk bergerak.

8. Bawa bekal makanan secukupnya

Kadang makanan bekal suka disepelekan, padahal penting banget loh, apalagi kalau jalan macet, gak bisa berhenti untuk membeli makanan.

Mungkin kalau mudiknya naik pesawat dan kereta, enggak perlu khawatir soal makan untuk sekedar berbuka, bisa dipesan. Tapi, kalau mudik naik bis atau mobil pribadi, penting banget untuk membawa makanan yang bisa tahan lama, khususnya untuk mengantisipasi kalau terjadi kemacetan dan sulit untuk mendapatkan makanan di sekitar.

9. Berhenti saat merasa lelah

Semua orang yang melakukan perjalanan mudik pasti selalu ingin cepat sampai di tujuan. Namun bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan disaat tubuhmu terasa lelah atau mengantuk.

Hal tersebut malah sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kehilangan fokus yang berujung pada kecelakaan. Bila kamu yang mengemudikan kendaraan, disaat merasa ngantuk, usahakan untuk langsung melipir ke rest area. Istirahat dengan tidur 15 hingga 30 menit pasti akan sangat berguna.

10. Kenali karakteristik daerah yang akan dilalui

Jalur yang dilalui saat mudik biasanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada daerah dengan jalanan rusak, jalanan yang berkelok, jalanan yang sulit signal, minim lampu dan bahkan daerah yang sering dilalui oleh binatang hutan.

Dengan memahami karakteristik daerah yang berbeda-beda tersebut, kamu bisa mengantisipasi hal yang akan terjadi biar nggak kaget dan panik.

11. Mengemudilah dengan Aman dan Tenang

Mengemudilah dengan penuh waspada. Tidak perlu tergesa-gesa menuju tempat tujuan. Berkonsentrasilah pada perjalanan hingga tiba di destinasi dengan selamat.

Saya punya pengalaman tersendiri saat mudik tahun lalu. Waktu itu saya pulang mudik ke Bandung dengan menggunakan sepeda motor. Nekat juga sih sebenarnya, karena saat itu keadaan saya lagi pas-pasan, jadi mau gak mau saya dan suami pulang kampung dari Jakarta menggunakan motor.

Saat itu kami ke luar rumah dari daerah Ciputat jam 5 pagi setelah shalat subuh. Sebelum berangkat, kami mampir ke SPBU Shell untuk mengisi bahan bakar.

Sejak awal memiliki motor, saya dan suami memang sepakat untuk menggunakan Shell V-Power. Alasannya sederhana, karena Shell V-Power mampu membersihkan mesin sehingga performa mesin kendaraan bisa jadi lebih baik.

Oh iya, buat yang belum tahu, Shell V-Power adalah bensin berkualitas tinggi dengan berbagai benefit yang baik untuk performa mesin kendaraan, karena memiliki Teknologi DYNAFLEX.

Teknologi ini mampu mengurangi gesekan mesin dan memaksimalkan kinerja bahan bakar, sehingga lebih efisien dan performa mesin kendaraan jadi semakin baik serta lebih optimal.

Dengan menggunakan Shell V-Power, mesin kendaraan lebih terawat. Sehingga bisa mengurangi biaya perawatan mesin kendaraan di bengkel. Jadi bye bye deh pengeluaran biaya yang gak penting hanya karena mesin rewel.

Alhamdulillah, saya dan suami tidak salah pilih, karena selama menggunakan bensin Shell V-Power selain efisien, mesin motor kami tidak mudah panas dan mesin lebih bersih.