Wisata

Perjalanan Wow dengan Bus dari Christchurch ke Queenstown

2 Juli 2017   10:46 Diperbarui: 2 Juli 2017   11:27 610 0 0
Perjalanan Wow dengan Bus dari Christchurch ke Queenstown
Pemandangan Lake Tekapo yang indah! Dok.pribadi

Perjalanan darat dari Christchurch ke Queenstown, meski memakan waktu 8 jam lebih... sangat jauh dari kata membosankan!


Christchurch dan Queenstown adalah 2 kota utama yang terletak di South Island, New Zealand. 

Ada beberapa opsi untuk melakukan perjalanan antar kota dari Christchurch menuju Queenstown.

Opsi pertama adalah menggunakan pesawat terbang. Kelebihannya, moda transportasi ini adalah yang paling cepat, karena hanya membutuhkan waktu kira-kira 1 jam saja di udara untuk bisa tiba dari Christchurch ke Queenstown. Namun biasanya, meski durasi perjalanan sesungguhnya terhitung pendek, waktu yang diperlukan untuk perjalanan dari penginapan menuju bandara, alokasi waktu cek in di konter airlines, waktu tunggu menjelang boarding, waktu tunggu pengambilan bagasi, dan perjalanan dari bandara ke pusat kota setiba di kota tujuan, harus diperhitungkan juga ya. Bisa jadi total waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 4-5 jam mulai dari berangkat dari penginapan ke bandara, hingga tiba di penginapan di kota tujuan. Sementara dari segi harga tiket, bisa jadi akan cukup mahal harganya.

Opsi kedua adalah menyetir mobil sendiri. Jika Anda sudah memiliki SIM Internasional yang masih berlaku saat berkunjung ke New Zealand, maka opsi yang satu ini adalah pilihan terbaik diantara berbagai opsi yang tersedia di bawah ini. Karena dengan menyetir mobil sendiri, maka Anda memiliki kebebasan penuh untuk  berhenti di spot mana saja sepanjang perjalanan dari Christchurch ke Queenstown. Namun demikian, untuk perjalanan antar kota dari Christchurch ke Queenstown ini, medan perjalanan yang dilalui cukup menantang, dan bisa menjadi berbahaya sekali tanpa pengalaman yang memadai, terutama saat musim dingin, di mana jalanan menjadi licin karena tertutup salju atau lapisan es yang membeku di permukaan aspal.

Opsi ketiga adalah menumpang kereta api scenic. Terus terang ini adalah opsi yang cukup mahal dari segi biaya, karena memang New Zealand dikenal mematok harga cukup tinggi untuk tiket transportasi dengan kereta api.

Opsi ke empat adalah menumpang Bus Antar Kota yang dilayani oleh Intercity.co.nz. Menumpang bus antar kota di New Zealand cukup menarik, karena harga tiketnya relative terjangkau dan sifatnya dinamis. Tiket bus dibandrol mulai 1 NZD hingga 80 NZD sekali jala. Dari kondisi busnya pun cukup baik dan bersih. Sopir yang mengoperasikan bus rata-rata sangat berpengalaman dan disiplin dalam hal waktu, sehingga yang namanya keterlambatan sangat jarang terjadi. Ada yang gemar memberikan komentar penjelasan tentang area yang dilalui.

Perjalanan darat dari Christchurch menuju Queenstown dan sebaliknya, memang akan memakan waktu cukup panjang, yakni sekitar 7-8 jam. Meski demikian, Anda jangan kuatir untuk menjadi bosan selama perjalanan, karena setiap 2-3 jam sekali bus akan berhenti di tempat peristirahatan khusus di mana penumpang bisa bersantai sejenak untuk pergi ke toilet maupun membeli makanan dan minuman untuk menyegarkan diri di café dan restoran yang tersedia. Ada juga toko penjual souvenir dan buah-buahan segar khas New Zealand yang harganya cukup terjangkau. Rata-rata waktu yang dialokasikan di setiap perhentian adalah 10-15 menit, kecuali jika tiba jam makan siang, waktu yang diberikan di tempat peristirahatan adalah 30 menit.

Tempat-tempat peristirahatan yang tersedia di sepanjang rute perjalanan Christhchurch – Queenstown rata-rata terletak di daerah dengan pemandangan alam yang sangat bagus. Jadi cocok dijadikan objek foto sambil beristirahat. Salah satu tempat peristirahatan yang paling bagus pemandangannya terletak di Lake Tekapo yang merupakan sebuah objek wisata yang terbentuk dari kumpulan salju yang mencair dari deretan pegunungan Alpen Selatan yang melintasi kepulauan Selatan di New Zealand ini. Tak heran jika pemadangan di Lake Tekapo sangat mempesona, karena kita akan disajikan pemandangan danau berair biru jernih dengan latar belakang deretan pegunungan yang puncaknya diselimuti salju.  

Jika Anda adalah penikmat pemandangan alam, perjalanan selama 8 jam dengan bus dari Christchurch menuju Queenstown adalah perjalanan yang sangat memanjakan mata dan jauh dari kata membosankan. 2 jam pertama sejak bus berangkat dari Christchurch, mungkin pemandangan alamnya tergolong biasa-biasa saja. Tetapi setelah beranjak dari tempat peristirahatan pertama hingga sisa perjalanan menuju Queenstown, sajian pemandangan alamnya SANGAT FANTASTIK!!

Pemandangan Menuju Queenstown. Dok.pribadi
Pemandangan Menuju Queenstown. Dok.pribadi

Semakin mendekati kota Queenstown, pemandangan alam yang berada dalam rute perjalanan bus semakin mempesona dan tak henti-hentinya menimbulkan decak kagum, terutama bagi mereka yang baru pertama kali menumpang bus rute ini. Jadi, jangan sampai Anda tertidur sepanjang perjalanan, karena akan ada banyak sajian alam yang super indah yang bakal terlewatkan begitu saja.

Tips:

Usahakan untuk cek in bus lebih awal dan pilihlah tempat duduk paling depan di sisi sebelah kiri, karena Anda akan mendapatkan spot terbaik untuk menikmati pemandangan alam nan fantastic sepanjang perjalanan tanpa terhalang oleh kursi penumpang lain di depan Anda.