Gayahidup

Sudah Siap Berinvestasi? Begini Strategi Jitunya!

4 Juli 2017   14:12 Diperbarui: 4 Juli 2017   14:30 461 0 0
Sudah Siap Berinvestasi? Begini Strategi Jitunya!
Sumber: ettract.info

Siapa sih yang gak tergiur dengan keuntungan besar? Ya, keuntungan yang menggiurkan ini bisa kamu dapatkan salah satunya dengan berinvestasi properti. Bayangkan saja, dalam setahun nilai investasi bisa naik sekitar 10-20 persen! Bisnis investasi ini bisa menjaga kestabilan keuangan supaya tidak terpengaruh dengan dampak inflasi.

Meski akan berpotensi mendatangkan keuntungan besar, hal ini juga berbanding lurus dengan prosesnya yang tidak mudah, apalagi untuk pemula. Maka dari itu, banyak orang yang sedikit khawatir saat akan terjun ke dalam investasi properti.

Tapi tenang! Kamu tak perlu takut berbisnis investasi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekhawatiran tersebut.

Sebelum kamu memasuki dunia investasi properti, tentunya harus memiliki bekal awal untuk menjalankan bisnis tersebut. Banyak hal yang harus kamu pelajari, diantaranya memahami beberapa istilah dalam properti dan memiliki strategi investasi properti jitu agar meraih keuntungan saat menjalani bisnis ini.

Oke langsung saja, jika kamu tertarik dalam investasi properti, berikut beberapa strategi investasi properti yang bisa kamu coba.

1. Riset Harga

Pertama, kamu harus melakukan riset harga. Hal itu berguna agar harga yang dikeluarkan akurat dan tidak mengada-ada. Tapi jangan sampai kamu berlama-lama dalam riset harga saja, karena ini bisa menghambat dalam pemilihan properti.

2. Pilih Pengembang yang Baik

Pemilihan pengembang dengan track record baik juga sangat penting. Bahkan tak jarang ada kasus yang proyeknya tidak selesai karena pengembangnya bermasalah. Beberapa poin yang harus diperhitungkan ketika memilih pengembang adalah mereka harus memiliki sumber daya manusia berkualitas, berpengalaman dengan proyek-proyek besar, dan memiliki margin error yang sangat rendah.

3. Lokasi Properti yang Baik

Strategi ketiga adalah carilah lokasi yang baik. Sebaiknya carilah hunian yang dihuni oleh end user, bukan investor. Karena kebanyakan pembeli end user biasanya akan dihuni oleh pemiliknya dan tinggal lebih lama.

4. Fasilitas Memadai

Banyak orang yang menginginkan huniannya memiliki fasilitas yang memadai. Karenanya, kamu juga harus memilih hunian dengan fasilitas lengkap agar para pemburu properti tertarik. Lokasi terbaik adalah tempat-tempat strategis yang sangat dekat dengan pusat kota, memiliki akses transportasi memadai, dekat fasilitas pendidikan, kantor pemerintahan, dan dekat dengan pusat bisnis atau pasar.

5. Miliki Aset Properti di Beberapa Tempat

Tak ada salahnya kamu memiliki banyak properti di beberapa tempat. Ini akan mencegah kamu menghadapi kesulitan saat laju investasi ini menurun. Diversifikasi investasi properti dapat dilakukan dengan membeli properti di kawasan berbeda, atau jenis properti berbeda. Misalnya membeli rumah, ruko dan apartemen. Karena properti bersifat lokal, maka pertumbuhan nilai investasi pun berbeda-beda.

6. Komunikasi Intensif dengan Agen

Dalam proses jual beli properti, pembeli biasanya memiliki latar belakang berbeda. Ada yang baru memasuki pasar properti pertama kali, ada juga yang sudah memiliki pengalaman panjang. Namun, kedua kelompok tersebut tetap memiliki satu kekhawatiran yang sama, yaitu takut “dimanfaatkan” agen properti.

Sebagai solusinya, pastikan selalu melakukan komunikasi intensif dengan agen properti. Perhatikan cara mereka beroperasi dan pandangan yang dikemukakan selama proses.

7. Gandeng Mitra Terpercaya

Investasi properti untuk pemula yang belum berpengalaman kadang membuat jeri. Untuk mengatasinya, belilah properti dari mitra terpercaya. Dengan mitra investor, kontraktor, pengacara, dan akuntan yang terpercaya, kamu bisa dapat keuntungan maksimal.

Saat ingin membangun atau merenovasi properti bekas pakai yang baru saja dibeli, kamu bisa merasa tenang dan nyaman selama proses pembangunan properti berlangsung.

8. Jangan Spekulasi Tentang Harga

Ini dia strategi investasi properti terakhir. Banyak pembeli menginginkan mesin waktu agar dapat melihat gambaran nyata masa depan pasar properti. Hal itu dilatarbelakangi spekulasi kenaikan tajam atau kehancuran properti. Pikirkan kembali waktu pembelian terbaik yang telah disiapkan sebelumnya. Itu berguna sebagai langkah untuk menghentikan spekulasi yang berkeliaran di kepala.

Pasar properti memang dipengaruhi kondisi ekonomi. Oleh karena itu, kesiapan finansial dan perencanaan yang telah disepakati sebelumnya merupakan hal yang utama. Jika kamu sedang ancang-ancang melakukan investasi properti dalam waktu dekat, tidak ada salahnya segera melakukan beberapa strategi di atas mulai sekarang agar sukses. Selamat mencoba!