Tekno

Apa itu SEO? Cara Cek Nilai SEO Blog Kamu

13 Juni 2017   14:34 Diperbarui: 13 Juni 2017   14:39 497 0 1

Apa Itu SEO( Search Engine Optimization )?

 
Kata SEO pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Baik dari kalangan  blogger pemula sampai blogger professional pasti sudah sering mendengar kata SEO. Tapi apakah sebenarnya yang dimaksud dengan Search Engine Optimization itu? SEO adalah upaya – upaya yang dilakukan oleh seorang blogger pada blog miliknya yang bertujuan supaya sebuah halaman blog miliknya memiliki peringkat yang baik di mesin pencari, terutama Google. Kenapa Google? Karena Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh orang di dunia.
 
 Lalu mungkin sebagian besar dari kita akan bertanya – tanya tentang berapakah peringkat yang baik untuk sebuah halaman blog? Peringkat yang baik untuk sebuah halaman blog itu relative namun biasanya yang paling banyak dikunjungi oleh netizen adalah yang berada di peringkat 1 – 4 di halaman pertama hasil pencarian atau biasa disebut page one. Namun peringkat 1 – 4 yang saya maksud adalah peringkat yang diperoleh suatu blog dari hasil pencarian organic ( Organic Search ) bukan yang hasil dari memasang iklan di layanan iklan milik Google yaitu Google Adwords.
 
SEO terbagi menjadi dua, yaitu On Page SEO dan Off Page SEO.
  1. Apa itu On Page SEO?
On Page SEO adalah upaya optimasi sebuah blog yang dilakukan di blog itu sendiri.
Upaya ini dilakukan dengan cara membuat blog yang SEO Friendly. Beberapa poin penting dalam On Page SEO adalah :
 
  • Membuat struktur blog yang baik, tampilannya menarik ,dan waktu lioading yang cepat.
  • Melakukan riset keywords yang banyak dicari oleh netizen menggunakan Google Keyword Planner.
  • Mengatur navigasi blog yang baikMembuat URL pada blog yang SEO Friendly.
  • Membuat internal links pada blog
  • Dan lain sebagainya

2. Apa itu Off Page SEO?

 
Off Page SEO adalah upaya optimasi yang dilakukan di luar blog itu sendiri. Blog dengan On Page SEO yang baik kurang sempurna tanpa Off Page SEO yang baik pula. Upaya Of Page SEO dapat dilakukan dengan cara membangun backlinks yang berkualitas. Links yang biasa dibangun adalah :
  • Links dari kegiatan blogwalking atau mengunjungi blog orang lain dan berkomentar dengan menyebutkan alamat blog kamu.
  • Links dari social media seperti, Twitter, Facebook, Google+, dll.
  • Links dari website yang menerima guest blogger atau blogger tamu.
  • Dan lain – lain.
Baca juga : Cara Mengasah Otak yang Fun dan Efektif Dalam Dunia IT ( Information Technology ) dan Computer Science
 Apa Pentingnya SEO Bagi Sebuah Blog?
 
Di atas kita sudah membahas apa itu Search Engine Optimization. Lalu sekarang kita akan membahas apa sih pentingnya SEO bagi sebuah blog? Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa apabila blog kita teroptimasi dengan baik maka blog kita akan mempunyai peringkat yang baik di hasil pencarian sebuah mesin pencari. Dan sama – sama kita ketahui bahwa apabila blog kita peringkatnya baik di hasil pencarian organic pasti pengunjung akan banyak yang berdatangan ke blog kita.
 
Dari hal tersebut kita bias mengambil kesimpulan bahwa tujuan utama SEO adalah untuk membuat blog kita teroptimasi dengan baik supaya banyak pengunjung yang berdatangan ke blog kita. Jadi Search Engine Optimization itu sangat penting Karena dapat mendatangkan banyak pengunjung yang dapat membuat blog kita semakin maju lagi.

Cara Mengecek Berapa Nilai Search Engine Optimization Sebuah Blog

 
Setelah kita melakukan peng-optimasian blog kita dengan SEO pasti kita akan bertanya – tanya berapakah skor atau nilai SEO blog kita. Untuk mengecek nilai SEO blog, kita bias mengunjungi situs....