Faisal Basri
Faisal Basri dosen

Mengajar, menulis, dan sesekali meneliti.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Meningkatkan Pajak dengan Memacu Industrialisasi

28 Juni 2017   00:44 Diperbarui: 28 Juni 2017   07:31 718 5 2
Meningkatkan Pajak dengan Memacu Industrialisasi
Ilustrasi: globalvis.com

Walaupun terus menerus mengalami penurunan, peranan sektor industri manufaktur dalam produk domestik bruto (PDB) masih tetap yang tertinggi, yaitu 20,5 persen pada tahun 2016. Tiga sektor lainnya yang menyumbang PDB di atas 10 persen adalah sektor pertanian (13,5 persen), sektor perdagangan dan reparasi mobil dan sepeda motor (13,2 persen), dan sektor konstruksi (10,4 persen).

Kebanyakan yang mengalami pertumbuhan tinggi adalah sektor-sektor yang peranannya dalam PDB masih relatif kecil, seperti sektor informasi dan komunikasi, jasa usaha, serta sektor kesehatan dan kegiatan sosial.

pertumbuhan per sektor. Sumber: BPS
pertumbuhan per sektor. Sumber: BPS

Karena sebagian besar industri manufaktur merupakan usaha formal dan berwujud, sumbangannya terhadap penerimaan pajak tergolong sangat besar dan terbesar pula, yakni sekitar 31 persen. Berarti sumbangan sektor industri manufaktur terhadap penerimaan pajak lebih besar ketimbang sumbangannya terhadap PDB, yaitu hampir 1,5 kali lipat.

Jadi bisa dipahami jika pertumbuhan sektor industri manufaktur melambat dan lebih rendah dari pertumbuhan PDB, maka sumbangan sektor ini terhadap penerimaan pajak pun akan relatif berkurang.

Sumbangan sektor perdagangan dan reparasi mobil dan sepeda motor terhadap PDB hampir sama dengan sumbangannya terhadap penerimaan pajak.

Sementara itu, sektor pertanian sumbangannya hanya 1,6 persen terhadap penerimaan pajak, padahal sektor ini merupakan penyumbang kedua terbesar dalam PDB. Sehingga, nisbah dalam penerimaan pajak terhadap nisbah dalam PDB hanya 0,12 persen. Ini bisa dipahami mengingat produk pertanian banyak dikecualikan dalam perpajakan demi menolong petani kecil.

Nisbah peranan penerimaan pajak terhadap nisbah PDB untuk sektor konstruksi juga relatif rendah walaupun tidak serendah sektor pertanian.

Dari gambaran di atas tampak betapa penting peranan sektor industri manufaktur dalam penerimaan pajak.

Peranan sektor keuangan dalam penerimaan pajak 3,2 kali dari peranannya dalam PDB. Pertumbuhan sektor ini pun tergolong sangat tinggi, kerap jauh lebih tinggi ketimbang pertumbuhan PDB. Namun, karena peranan sektor keuangan dalam PDB masih relatif sangat rendah (4,2 persen), sektor ini belum bisa diandalkan sebagai sumber utama penerimaan pajak.

pajak. Sumber: Ditjen Pajak
pajak. Sumber: Ditjen Pajak

Mengingat tahapan industrialisasi Indonesia belum mencapai tingkat yang optimal, maka ruang gerak masih cukup leluasa untuk mengakselerasikan pertumbuhan sektor industri manufaktur.

Memajukan industrialisasi ibarat menanam bibit unggul bagi perekonomian, khususnya dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak dan tax ratio.