Epa  Mustopa
Epa Mustopa PNS

Saya sangat suka menulis. Menulis apa yang saya ingin tulis. Dari tulisan kita bisa lebih meningkatkan kemampuan. Baik kognitif, afektif, emosional dan spiritual

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Stop Mudik Menggunakan Sepeda Motor! Manfaatkan Layanan Mudik Gratis

17 Juni 2017   22:51 Diperbarui: 17 Juni 2017   22:52 295 1 0
Stop Mudik Menggunakan Sepeda Motor! Manfaatkan Layanan Mudik Gratis
Sumber: news.detik.com

Berkumpul bersama orang tua, keponakan, paman, bibi, dan anggota keluarga lainnya adalah kebahagiaan yang tak terukur oleh materi.  Bangun di saat shubuh, dibangunkan oleh gema takbir dari segala penjuru, kemudian berangkat bersama keluarga menuju masjid tempat dulu belajar mengaji.

Bagaimana kalau cita-cita besar tersebut terhambat oleh kurangnya materi untuk membeli tiket mudik ke kampung halaman. Tidak usah berkecil hati, karena di tahun 2017 pemerintah telah berbaik hati melalui Kementerian Perhubungan menggelar program mudik gratis untuk penumpang dan sepeda motor. Artinya pemerintah memberikan kuota dengan jumlah tertentu untuk masyarakat yang hendak mudik gratis. Tidak hanya itu, atas dasar banyaknya kecelakaan sepeda motor yang terjadi pada saat musim mudik tahun 2016, Kementerian Perhubungan memberikan solusi dengan mengadakan program mudik sepeda motor gratis. Bahkan, berdasarkan informasi (Mudik Gratis Kemenhub 15 Mei 2017) jumlah kuota untuk peserta mudik penumpang dan sepeda motor gratis di tahun 2017 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Ini merupakan bentuk kasih sayang pemerintah kepada masyarakat.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik dari tahun 2015 hingga 2016 terus meningkat. Pada tahun 2015, jumlah pemudik dengan menggunakan sepeda motor mencapai 3,76 juta dan pada tahun 2016 meningkat drastis menjadi 5,14 juta. Peningkatan jumlah pemudik dengan sepeda motor memungkinkan terjadinya kecelakaan semakin banyak terjadi.

Guna mencegah jumlah kecelakaan di jalan raya saat mudik lebaran, Kementerian perhubungan bekerja sama dengan BUMN dan Perusahaan mitra kerja menggelar program mudik gratis penumpang dengan menggunakan angkutan bus dan mudik gratis untuk mengangkut sepeda motor menggunakan truk.

Rekapitulasi data mudik gratis menunjukan bahwa pada tahun 2017 terjadi peningkatan kuota untuk mudik gratis. Pemerintah berencana menyediakan bus sebanyak 1.220 untuk kuota penumpang sebanyak 64.900 orang, sedangkan jumlah truk disediakan sebanyak 77 buah untuk mengangkut 8.510 unit sepeda motor. Pihak BUMN berencana menyediakan 1734 bus untuk mengangkut 91.060 penumpang. Dan, ditambah pihak perusahaan mitra / swasta akan menyediakan bus sebanyak 455 buah untuk mengangkut 20.475 penumpang dan 47 buah truk untuk mengangkut 2.115 unit sepeda motor.

Atas kerja sama yang solid antara Kementerian perhubungan,Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Komite Nasional Keselamatan Transfortasi (KNKT), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), Kementerian Kesehatan, dan pihak POLRI, KEMENPURA, KEMENDAGRI, KEMEN ESDM dan semua stake holder maka upaya peningkatan keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran angkutan mudik lebaran terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

Sejumlah persiapan yang matang terus dibenahi mulai dari pengecekan alat transfortasi moda jalan, moda penyebrangan, moda laut dan moda kereta api. Dilakukan pula pengecekan kesehatan terhadap pengemudi, awak, nahkoda, pilot dan masinis. Serta sejumlah antisipasi lainnya yang dipandang perlu dilakukan guna kelancaran angkutan.

Penulis mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis ini dengan sebaik-baiknya. Khususnya untuk para pemudik yang berencana pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor sebaiknya diurungkan, dan memilih mudik gratis. Sejumlah pertimbangan yang matang perlu dipikirkan sebelum anda mudik dengan sepeda motor.

Alasan penulis menyarankan kepada anda untuk tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor yaitu sejumlah resiko berat harus ditanggung oleh anda dan keluarga diantaranya:

1. Mudik dengan menggunakan sepeda motor memungkinkan resiko jatuh sakit saat tiba di kampung halaman, karena faktor kelelahan dan masuk angin;

2. Mudik dengan menggunakan sepeda motor mengundang resiko kejahatan di jalan raya lebih besar (penjambretan tas dan sebagainya);

3. Mudik dengan menggunakan sepeda motor memungkinkan biaya/ongkos lebih mahal (karena mogok);

4. dan resiko kecelakaan lebih besar terjadi karena tingkat konsentrasi selama puluhan jam akan terus menurun berbanding lurus dengan melemahnya kondisi fisik karena kelelahan.

Atas dasar sejumlah resiko tersebut, maka sebaiknya masyarakat lebih memilih mudik gratis bersama pihak pemerintah, BUMN, dan Perusahaan Swasta penyedia layanan mudik gratis.

Bagaimana prosedur dan cara untuk dapat menikmati mudik gratis?

Bagi anda yang ingin menikmati mudik gratis moda jalan dengan fasilitas angkutan bus (penumpang) dan truk (sepeda motor), diharapkan mendaftarkan diri dengan secepatnya dengan membawa kelengkapan administrasi yang disyaratkan, mulai dari tanggal 18 Mei 2017 sampai dengan 16 Juni 2017 (registrasi offline). Setelah itu, anda melakukan persiapan penyerahan sepeda motor pada tanggal 19 sampai 20 Juni 2017. Baru pada tanggal 21 Juni dan 22 Juni 2017 akan dilakukan ceremonial keberangkatan angkutan sepeda motor dan angkutan penumpang secara berturut-turut.

Tidak hanya sebatas pada arus mudik, kebaikan pemerintah dan pihak terkait memberikan gratisan juga pada saat arus balik. Pada tanggal 29 Juni sampai 30 Juni 2017 dijadwalkan penyerahan sepeda motor untuk arus balik. Dan pada tanggal 01 Juli 2017 dilakukan ceremonial keberangkatan angkutan penumpang untuk arus balik.

Nah, bagi anda yang ingin menikmati mudik gratis beserta sepeda motornya bisa juga memanfaatkan fasilitas angkutan kereta api. Namun, untuk layanan mudik gratis dengan moda kereta api ini dibatasi hanya sepeda motornya saja yang diangkut dengan gratis. Buruan daftar jangan sampai ketinggalan. Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa mengunjungi situs ‘www.mudikgratis.dephub.go.id’.

Akhir kata penulis mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh jajaran Kementerian Perhubungan, POLRI, dan semua pihak yang terkait dengan tugas angkutan lebaran. Semoga kebaikan anda dibalas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Selamat jalan kepada para pemudik gratis ! Hati-hati di perjalanana ! Dan, Stop Mudik dengan Sepeda Motor ! Siap Untuk Mudik Dengan Layanan Mudik Gratis. Horeeeeee !


Sumber Informasi Dari Materi #SiapUntukMudik