DONY PURNOMO
DONY PURNOMO lainnya

Seorang anak bangsa yang memiliki impian untuk senantiasa mencerdaskan anak bangsa Aktivitas sehari-hari sebagai pengajar di SMAN 1 Purwantoro, Sebagai pemilik Bisnis SPIRIT KAOS dan suka menuliskan buah fikiran dalam coretan-coretan sederhana. kunjungi pula tulisan saya yang lain di http://pinterdw.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi

11 Juni 2017   13:51 Diperbarui: 11 Juni 2017   14:11 1229 0 0
Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi
Ilustrasi: mudik dengan mobil pribadi (Sumber foto: www.centroone.com)

Mudik merupakan rutinitas bagi masyarakat Indonesia menjelang lebaran Idul Fitri. Maka tak heran jika prosesi mudik lebaran, sebagian besar masyarakat Indonesia berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Meskipun mudik sudah menjadi rutinitas yang berulang-ulang namun perlu persiapan yang baik dalam menjalaninya agar dapat mudik dengan aman, nyaman dan selamat sampai ditujuan. 

Salah satu moda yang dipilih oleh pemudik adalah menggunakan kendaraan pribadi yaitu mobil. Armada mobil dipilih karena lebih murah, fleksibel dan waktu tempuhnya relatif lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan bus umum. 

Mudik yang aman dan nyaman merupakan dambaan bagi para pemudik, pasalnya saat mudik nanti akan menjalani berbagai kegiatan mulai dari kegiatan silaturahmi keluarga, acara reuni, kegiatan wisata dan berbagai kegiatan lainnya untuk mengisi libur lebaran. Berikut ada beberapa tips agar mudik aman, nyaman, selamat dan menyenangkan menggunakan mobil pribadi ;

1. Persiapkan kondisi kendaraan

Kondisi kendaraan merupakan hal yang penting karena kelancaran perjalanan di tentukan oleh baik tidaknya kondisi kendaraan yang digunakan. Cek semua kondisi mobil yang meliputi kondisi mesin,oli mesi, oli rem, kampas rem, lampu, wiper dan power stering. Karena komponen tersebut merupakan komponen yang vital selama perjalanan. 

2. Bersihkan interior mobil

Agar selama perjalanan mudik merasa nyaman maka kebersihan kendaraan juga merupakan hal yang penting.  Jika kondisi kendaraan bersih maka para penumpang juga akan merasa nyaman.

3. Jangan lupa kotak perkakas

Kelengkapan perkakas merupakan hal yang penting berupa kunci-kunci yang sering digunakan, tanda bahaya dan dongkrak jika nanti dalam perjalanan mengalami kemacetan atau terjadi kerusakan. 

4. Siapkan obat darurat

Saat mudik biasanya rentan terhadap gangguan kondisi kesehatan, hal yang paling sering adalah sakit kepala, perut dan mabuk perjalanan. Obat ini penting untuk dipersiapkan karena biasanya saat perjalanan mudik banyak toko obat atau apotek yang tutup menjelang libur lebaran.

5. Siapkan makanan

Persediaan makanan juga merupakan hal yang penting saat melakukan perjalanan, karena saat menjelang lebaran biasanya banyak terjadi kemacetan sehingga tidak sesuai dengan target waktu perjalanan yang telah direncanakan. Jika telah memiliki persediaaan makanan yang memadai maka bisa dimakan setiap saat dibutuhkan.

6. Atur jadwal istirahat

Perjalanan selama mudik biasanya membutuhkan waktu yang panjang, sehingga kondisi tubuh juga harus dijaga. Sebelum keberangkatan usahakan sudah memiliki planing tempat-tempat peristirahatan selama jalur perjalanan. Jika masih awam dengan kondisi jalur perjalanan bisa mnecari info via internet atau melalui orang yang telah mengalami mudik pada jalur tersebut.


Beberapa tips di atas merupakan hasil pembelajaran mudik dari tahun ke tahun, semoga bisa menjadi referensi untuk kegiatan mudik anda. Sehingga anda suda siap mudik dan siap untuk selamat dijalan. Selamat mudik....