Tebar Hikmah Ramadan

Lomba Mewarnai: Warnai Keceriaan di Bulan Ramadan

12 Juni 2019   12:10 Diperbarui: 12 Juni 2019   12:30 19 0 0
Lomba Mewarnai: Warnai Keceriaan di Bulan Ramadan
Dokpri


Menggambar dan mewarnai salah satu kegiatan yang digemari oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan menggambar dan mewarnai memiliki berbagai manfaat seperti mengembangkan motorik  halus, kreatifitas, konsentrasi, dan sebagai media penyalur ekspresi. Pada usia anak-anak, dalam proses menggambar masih belum terlihat wujud konkret sehingga perlu media sebagai contoh untuk ditiru. Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dan agenda rutin sekolah Pondok Ramadhan sehingga perlu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif. Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang berinisiatif untuk mengadakan lomba mewarnai di Sekolah Dasar Negeri 05 Candirenggo, Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kota Malang.

Pada 27 Mei 2019 lalu diadakan lomba mewarnai yangditujukan  kepada siswa-siswi kelas 1-3. Jumlah peserta diperkirakan 80 siswa. Tujuan diadakan lomba selain memeriahkan moment Ramadhan juga memberikan kesempatan bagi siswa-siswi untuk meningkatkan kreatifitas anak. Pada usia dini merupakan the golden age untuk mempersiapkan potensi anak dikarenakan daya tangkap kuat, melihat, mendengarkan dan melakukan, sehingga sangat mudah untuk mempengaruhi anak. Melalui pembelajaran yang menyenangkan menggunakan media gambar mewarnai, anak dapat mengembangkan motorik halus yaitu menggerakkan pergelangan tangan, kejelian dan kerapian mewarnai. Dalam lomba ini terdapat kriterian penilaian yaitu kerapian, keserasian warna, dan kreatifitas.

Lomba mewarnai disambut gembira dan antusias oleh siswa-sisiwi maupun para guru. Acara dimulai dengan materi agama yang disampaikan oleh guru yang kemudian guru mempersilahkan siswa-siswi kelas 1-3 untuk menuju ke kelas yang sudah ditentukan. Setiap kelas akan didatangi oleh mahasiswa KKN sebagai pengawas lomba. Lomba dimulai pukul 7.40 -- 09.00 WIB. acara diakhiri dengan foto bersama KKN dan peserta lomba. Pemenang lomba akan diumumkan pada 20 Juni 2019 mendatang bersamaan agenda perpisahan siswa-siswi kelas 6 SDN 05 Candirenggo.

Foto Perlombaan mewarnai dimulai | dokpri
Foto Perlombaan mewarnai dimulai | dokpri

                                                                    

Foto Peserta Sedang Mewarnai | dokpri
Foto Peserta Sedang Mewarnai | dokpri

                                                                                                                              

Foto Bersama Peserta Lomba Dan Panitia KKN UM | dokpri
Foto Bersama Peserta Lomba Dan Panitia KKN UM | dokpri