Kotaksuara

Pasangan Mularis-Lury Berpontensi Menang di Pilkada Palembang

1 Juli 2017   23:05 Diperbarui: 2 Juli 2017   01:32 326 0 0

Media sosial beberapa hari yang lalu ramai membicarakan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Stratak Indonesia atau yang lebih dikenal Stratakindo. Dalam temuan surveinya stratakindo mempublish soal elektabilitas para bakal calon Walikota Kota Palembang yaitu Pilkada 2018 mendatang. 

Berikut bisa kita lihat hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Stratakindo untuk bakal calon Walikota Palembang  pada bulan Juni 2017yang lalu:

Dari grafik diatas dapat dipetakan berdasarkan elektabilitas para kandidat kemungkinan  pasangan calon walikota sebagai berikut:

1. Pasangan Sarmuda – Abdul Rozak sebesar 27,0 persen.

2. Pasangan Harno Joyo – Fitrianti Agustinda sebesar 26,83 persen.

3. Pasangan Mularis Djahri – Lury Elza Alex Noerdin sebesar 26,6 persen.

Berdasarkan data tersebut Para pasangan calon walikota palembang 2018 akantergambar seperti diatas, selain itu, menurut pengamatpolitik dari UniversitiTeknologi Malaysia Riza F Chalil, melihat peta pasangan calon yang tergambardiatas, menyebutkan bahwa pelaksanaan pilkada palembang 2018 akan berlangsungseru dan antagonisitik, apalagi masing-masing calon mempunyai kelebihan dankelemahan.

Dari para pasangan calon diatas, dapat kita lihat kelemahan dankelebihannya, antara lain:

1. Pasangan Sarmuda – Abdul Rozak

Pasangan ini berdasarkan hasil survei mempunyai suara yang sangat besaryaitu 27 persen, sebenarnya siapa sih yang tidak tahu dan kenal terhadapsarimuda? ya tentunya 27 persen ini besar kemungkinan hanya dimiliki sarimuda. oleh karena itu, Kekuatan paslon ini ada pada sosok Sarimuda yangdianggap korban dari kecurangan sistematis terstruktur di masa pilkadasebelumnya.

2. Pasangan Harno Joyo – Fitrianti Agustinda

Pasangan ini merupakan petahana yang sampai saat ini masih satu paket mencalonkan diri dalam pilkada palembang 2018 mendatang, berdasarkan hasil survei pasangan ini berada diangka 26 persen. diangka 26 persen tentunya secara elektabiltas menunjukkan kelemahan yang sangat luar biasa, apalagi sebagai petahana, seharusnya petahan lebih unggul dari para bakal calon lainnya. selainitu, pasangan ini dianggap tidak mempunyai program andalan khas perkotaan,malah mereka gencar dengan isu kerja bakti dan bersih-bersih lingkungan.

3. Pasangan Mularis Djahri – Lury Elza Alex Noerdin

Berdasarkan hasil survei Stratakindo, pasangan ini mempunyai potensial yang sangat besar untuk menang dalam pilkada palembang 2018 nanti, selainelektabilitas pasangan ini seimbang dengan para paslon lainnya, mereka jugamempunyai kekuatan dana dan program2 yang banyak yang mampu menarik perhatianorang. 

Beberapa bulan ini, Mularis Djahri mulai gencar mengusung isu kota cerdas,suatu konsep kota maju berbasis teknologi informasi yang memberi kemudahan pelayanan kepada warganya dan mau tidak mau akan mengubah kultur pelayanan pemerintah menjadi profesional, efisien, cepat dan responsif. selain itu, Luryelza Alex juga mengusung program2 andalan ayahnya yaitu Gubernur sumateraselatan saat ini Alex Noerdin yang dikenal dengan pelopor sekolah dan berobat gratis.