Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Sore (Istri dari Masa Depan) Soft Selling via Web Series

6 Juni 2017   05:17 Diperbarui: 6 Juni 2017   17:12 3395 7 4
Sore (Istri dari Masa Depan) Soft Selling via Web Series
Dion Wiyoko dan Tika Bravani dalam Web Series Sore (Istri dari Masa Depan) sumber: Kapanlagi.com

Kalian mungkin pernah ingat rangkaian film pendek berseri yang dibintangi para bintang cantik yang ternyata merupakan iklan sebuah produk sabun mandi. Cara mengiklankan produk secara halus (soft selling) pun kembali hadir lewat web series dan sukses. Sore: Istri dari Masa Depan, salah satu buktinya.

Web series sejak beberapa tahun ini memang mulai membanjiri kanal video seperti youtube. Sejak tahun lalu web series digarap serius sehingga jumlah penontonnya terus meningkat. Melihat prospek tersebut maka berbagai produsen pun melirik web series sebagai alternatif untuk berpromosi. Yang mulai menggunakan metode ini di antaranya produk pewangi pakaian dengan mengajak Joe Taslim, produk makanan, juga produk es krim. Ke depan bisa jadi akan semakin banyak iklan-iklan terselubung dalam rupa web series yang menarik.

Sore: Istri dari Masa Depan merupakan web series yang diproduksi sebuah produk makanan yang menggaungkan kampanye gaya hidup sehat. Web series yang dibintangi Dion Wiyoko (Winter in The Tokyo, Sundul Gan, Last Barongsai) dan Tika Bravani (Soekarno, 3, Shy Shy Cat) ini terdiri atas sembilan episode yang diunggah tiap minggu sejak 1 Februari 2017. Tiap episode berkisar 12-16 menit.

Film serial ini mengisahkan Jonathan (Dion Wiyoko) yang tinggal dan bekerja di Italia. Suatu ketika ia kedatangan seorang perempuan bernama Sore (Tika Bravani) yang mengaku sebagai calon istrinya pada masa datang. Perempuan itu sok kenal dan sok dekat dengannya, bahkan mencampuri segala urusannya. Benarkah ia calon istri Jonathan di masa mendatang? Dan bagaimana ia bisa melakukan perjalanan waktu ke masa sekarang?

Selain filmnya yang romantis dan berkesan, ada banyak pesan gaya hidup sehat dalam web series ini seperti menghindari begadang, menjauhkan diri dari minuman beralkohol dan rokok, rajin berolah raga, dan sebagainya. Produk yang diiklankan sendiri baru muncul di akhir episode dan dikemas menarik sehingga penonton tidak merasa begitu terganggu.

Film ini memanjakan mata dengan panorama berbagai sudut Italia yang menawan yakni di Ponza dan Petritoli. Chemistry Dion Wiyoko dan Tika Bravani juga terlihat. Keduanya juga berakting natural seperti keseharian. Performa keduanya nyaman ditonton, akting keduanya sekelas bak tampil di film layar lebar.

Tika Bravani tetap tampil cemerlang seperti berakting dalam film layar lebar (sumber: youtube kanal Tropicana Slim)
Tika Bravani tetap tampil cemerlang seperti berakting dalam film layar lebar (sumber: youtube kanal Tropicana Slim)

Hingga saat ini penonton web series yang diproduksi InHype ini mencapai lebih dari 700 ribu penonton per episodenya. Untuk episode pertama telah menembus satu juta tampilan.Film ini sendiri disutradarai oleh Silvia Widjaya yang juga merangkap sebagai produser. Naskahnya ditulis oleh Yandy Laurens.

Film ini semakin menarik berkat soundtrack yang dibawakan oleh Kuntoaji dan Adhitia Sofyan. Lagu Kuntoji berjudul I'll Find You dengan iringan musik yang lembut dan lirik yang mudah dicerna. Sedangkan lagu Adhitia bertajuk Gaze dan Forget Jakarta dibawakan secara akustik dan enak dinikmati saat suasana sore hari. Lagu-lagu soundtrack ini cukup populer meski lirik lagunya dominan berbahasa Inggris.

Web series saat ini mulai dilirik sebagai media promosi karena lebih terukur dan terarah audiensnya dibandingkan ketika menampilkan iklan di televisi. Seperti pada film Sore ini, pada tiap video di youtube tersebut terlihat jumlah tampilannya, bagaimana respon penonton dari komentar, juga bisa dilihat demografi penontonnya. Oleh karena sistem penempatan produknya yang tidak terlalu gencar maka web series menjadi medium soft selling. 

Ke depan web series akan semakin beragam dan menjadi medium alternatif bagi insan kreatif dari berbagai latar untuk berkarya.