Chinintya Widia Astari
Chinintya Widia Astari

Budayakan MEMBACA sejak dini. Psychology'15 Menulis jika ada waktu kosong

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Siapkah Anda Mudik?

27 Mei 2017   16:38 Diperbarui: 27 Mei 2017   17:01 303 1 1
Siapkah Anda Mudik?
Photo : Pinterest (Elite Daily https://id.pinterest.com/elitedaily/)

Berkumpul dengan keluarga di desa, menikmati indahnya hari dan melupakan sejenak pekerjaan di kota menjadi momen yang di nanti-nanti. Setiap tahunya ribuan orang berbondong-bodong pergi dari kota menuju desa untuk menjalankan budaya kita ketika lebaran tiba yaitu pulang kampung untuk bersilaturahmi bersama keluarga. Begitu banyak transportasi yang bisa dipilih para pemudik untuk mencapai tempat tujuan masing-masing. Pesawat, kereta, bus, kapal, mobil hingga motor menjadi pilihan para pemudik. Sebelum mudik, apa saja yang perlu dipersiapkan bagi para calon pemudik?

  • Tentukan tanggal yang paling tepat untuk Anda berangkat ke kampung halaman. Pikirkan tanggal dari jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba karena penentuan tanggal mempengaruhi pengambilan keputusan Anda selanjutnya.
  • Jika sudah menentukan tanggal yang tepat, pastikan bahwa Anda sudah memilih moda transportasi yang cocok untuk Anda gunakan. Apabila Anda memilih untuk menggunakan pesawat, kereta, kapal ataupun bus, carilah tiket jauh sebelum tanggal berangkat yang sudah Anda tetapkan. Mengapa? Pertama mengantisipasi habisnya tiket dikarenakan Anda berebut tiket dengan ratusan penumpang lainnya yang juga ingin pulang kampung. Kedua, pencarian tiket jauh hari sebelum bulan ramadhan memungkinkan Anda mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Ketiga, mengantisipasi kemungkinan Anda tidak mendapatkan tiket dan Anda dapat sesegera mungkin mengganti moda transportasi yang dapat mengantarkan Anda ke kampung halaman. Apabila Anda memilih kendaraan pribadi sebagai moda transportasi Anda, maka pastikan bahwa kendaraan Anda mendapatkan perlakuan yang baik. Lakukanlah service jauh sebelum Anda menggunakan kendaraan tersebut untuk mudik. Service dilakukan tentunya untuk memperkecil kemungkinan kendaraan Anda bermasalah ketika digunakan. Tentu Anda tidak mau kan bersusah payah mencari bengkel di jalan?
  • Setelah persiapan transportasi sudah selesai, hal selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah memahami rute perjalanan yang akan Anda lalui (bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi). Apabila Anda adalah pemudik baru, maka dirasa perlu untuk mengetahui dan memahami jalan mana yang sebaiknya Anda lalui ketika mudik. Rintangan perjalanan seperti apa yang akan Anda hadapi. Hal ini tentu diperlukan, semakin banyak hal yang Anda ketahui tentang rute perjalanan yang akan Anda lalui, semakin siap Anda dengan kemungkinan yang terjadi. Pencarian informasi mengenai rute tentu dapat Anda cari melalui peta, google maps, atau membaca pengalaman orang lain yang melewati rute yang sama dengan rute yang Anda lalui. 
  • Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Apabila Anda sudah mengetahui rute mana saja yang akan Anda lalui, maka tidak salah jika Anda juga mencari tahu tempat makan hingga hotel yang kemungkinan akan Anda datangi. Melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi, terlebih apabila Anda mengendarai sendiri, menginap tentu merupakan salah satu pilihan terbaik. Tidak hanya bagi supir, beristirahat di hotel yang nyaman tentu juga diperlukan oleh anggota keluarga Anda, terlebih jika Anda membawa anak kecil yang tentu membutuhkan waktu beristirahat dengan nyaman. 
  • Membuat daftar barang-barang yang akan Anda bawa. Apabila Anda menganggap membuat daftar bawaan terlalu berlebihan untuk Anda lakukan, maka persiapkanlah barang-barang yang akan Anda bawa jauh sebelum Anda berangkat. Masukan barang-barang yang kemungkinan tidak akan Anda gunakan lagi sampai waktu Anda mudik. Melakukan pendataan barang-barang yang akan Anda bawa memperkecil kemungkinan Anda lupa membawa barang tertentu. Sebagai saran, bawalah obat-obatan yang besar kemungkinan akan Anda butuhkan dalam perjalanan seperti minyak kayu putih, cream pegal, koyo, obat pusing, obat flu, obat diare dan obat lainnya sesuai dengan keluhan Anda masing-masing. Lebih baik Anda membawa daripada harus mencari ketika Anda membutuhkannya. 
  • Bawa barang seperlunya. Biasanya ketika mudik, barang bawaan menjadi membengkak ketika kembali pulang ke rumah karena membawa segudang oleh-oleh. Maka dari itu jangan tambah kerepotan Anda dengan membawa barang yang terlalu banyak dan mungkin tidak Anda gunakan dari rumah. Bawalah baju sesuai dengan kebutuhan, bawalah makanan sesuai dengan yang Anda butuhkan, jangan terlalu berlebihan sehingga hanya menyusahkan Anda selama mudik. 
  • Bagi Anda yang menggunakan transportasi dengan perjalanan yang memakan waktu banyak dan sulit untuk membeli kebutuhan seperti makanan dan minuman, bawalah makanan ringan dan minuman yang 99% Anda butuhkan selama berada di perjalanan. Terlebih bagi Anda yang membawa serta anak-anak dalam perjalanan Anda.
  • Siapkan uang untuk membeli segala keperluan yang akan Anda bawa selama mudik. 
  • Yang paling penting dari semua persiapan yang sudah Anda lakukan adalah siapkan tubuh Anda untuk melakukan perjalanan jauh. Untuk Anda yang berpuasa, pahamilah bahwa tubuh Anda pasti mengalami penurunan stamina setelah lama berpuasa, terlebih bagi Anda yang sudah berusia lanjut. Maka menjaga kesehatan menjadi sangat penting karena Anda tentu tidak mau melewatkan moment berharga bersama keluarga dengan keadaan tubuh yang lemah. Maka meminum vitamin mungkin menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi mudik.

Saat hari mudik tiba, hal apa saja yang perlu Anda antisipasi dan hindari?

  • Terlambat datang ke bandara, stasiun, pelabuhan ataupun terminal bus. Datanglah tepat waktu, lebih baik Anda menunggu daripada harus kehilangan tiket berharga Anda.
  • Lupa mematikan seluruh alat elektronik rumah dan lupa mengunci rumah. Bagi Anda yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, pastikan bahwa Anda sudah mencabut dan mematikan seluruh alat elektronik dan tentunya pastikan Anda mengunci rumah rapat-rapat dan menitipkan rumah Anda pada orang yang Anda percaya, agar setidaknya mereka tahu bahwa Anda sedang tidak berada di rumah, maka segala aktifitas yang terjadi di rumah Anda tentu bukan Anda yang melakukanya.
  • Memaksakan tubuh yang lelah dan mata yang mengantuk dengan terus mengendarai kendaraan tanpa beristirahat. Tiba sesuai dengan waktu yang sudah Anda tetapkan memang menjadi target utama Anda, namun yang jauh lebih penting adalah keselamatan Anda dalam berkendara. Apabila tubuh Anda sudah lelah, maka ambilah waktu untuk beristirahat. Anda tentu ingin tiba selamat sampai tujuan bukan?
  • Membawa barang bawaan melebihi kapasitas kendaraan Anda. Bagi Anda yang memilih kendaraan pribadi, hindari membawa barang melebihi kapasitas kendaraan Anda. Apalagi bagi Anda yang berencana menggunakan motor, selain membahayakan diri Anda, kelebihan kapasitas juga dapat membahayakan pengendara lainnya.
  • Mengisi penumpang melebihi kapasitas kendaraan Anda. Ketahuilah bahwa keamanan dan kenyamanan sangat penting untuk Anda perhatikan. Bagi Anda yang menggunakan motor, gunakanlah sebagaimana, mestinya yaitu 2 orang penumpang. Jangan memaksakan kapasitas dengan menambah penumpang, terlebih jika tambahan penumpang yang Anda bawa ikut serta adalah anak-anak. Untuk Anda yang menggunakan mobil, Anda tentu tidak mau terlalu berdempet-dempet dan pegal didalam mobil.

Bagi Anda yang berencana ingin menggunakan motor sebagai transportasi Anda dalam mudik, Kemenhub memberikan penawaran indah bagi Anda semua yaitu MUDIIKK GRATISS TIS TISS TISS! Yuk hindari macet dan lelah berkendara dengan mengikuti program Kemenhub yaitu mudik gratis! Anda dapat mengunjungi http://mudikgratis.dephub.go.id/frontend/web/ untuk info lebih lanjut.

Hal-hal diatas mungkin dapat sedikit mengingatkan Anda akan hal-hal yang perlu Anda persiapkan dan apa saja yang perlu Anda antisipasi atau hindari. 

Mari lakukan mudik aman dan nyaman, berangkat dengan senang pulang dengan kenangan.