Erman Adia Kusumah
Erman Adia Kusumah

Seorang manusia biasa dengan jutaan inpian namun bukan pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Media

Guruku Sayang, Guruku Dipenjara

1 Juli 2016   01:31 Diperbarui: 1 Juli 2016   01:32 26 0 0

Negeri ini sedang diguncang kelebaian yang sangat akut karena dewasa ini sedang trend memperkarakan para guru karena tindakan tegas yang di berikan sang "umar bakrie" dianggap terlalu berlebihan.

Ada setidaknya 2 kasus yang menimpa 2 guru di dua daerah yaitu Nurmayani guru SMP disalah satu sekolah di sulawesi yang kini sedang mendekap dipenjara karena perihal mencubit dan Samhudi guru asal sidoarjo yang mengalami hal yang sama dengan nurmayani namun masih dalam tahap persidangan.

Kasus ini menjadi viral di dunia maya, karena orangtua "korban" dianggap berlebihan dalam menyikapi apa yang terjadi pada anaknya, namun seperti para orang tua harus sadar betapa sulitnya dan beban moral seorang guru yang dituntut mendidik siswa agar ia pintar, cerdas, disiplin.

Guru bukanlah manusia sempurna, ia tetaplah seorang manusia biasa, wajar jika bertindak tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan muridnya, karena disekolahlah anak mereka menjadi tanggung jawab sang guru, betapa berat menjadi seorang guru untuk mengajar 2 jam pelajaran saja guru dituntut membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Isi harus mampu ditransformasikan dengan baik kepada murid, selain itu guru menjadi orangtua kedua bagi murid tersebut untuk mengawasi tingkah laku anak muridnya apakah dia melanggar norma dan etika, apa dia memakai narkoba atau tidak dsb, ketika sang anak melanggar wajar jika ia ditegur dan memarahinya karena apa? Karena itu tanggung jawab sang guru sebagai pendidik disekolah.

Saya sedikit heran dengan orang tua kedua korban yang melaporkan 2 oknum guru ini merupakan oknum Polisi dan Tentara yang notabenenya seharusnya mereka mengerti akan tindakan tegas terhadap pelanggaran toh mereka pun di didik dikesatuannya dengan sangat keras secara fisik dan mental agar mereka mempunyai mental baja, bayangkan jika TNI dan Polisi tak mempunyai mental maka negeri akan loyo seperti ayam sayur, sama ketika anak bangsa ini tak punya mental, yang terjadi adalah negeri ini akan hancur, jika mereka merasa tak terima dengan tindakan guru tersebut karena dianggap keras dan melanggar HAM, kenapa mereka para bapak dari orang tua korban tak melakukan hal sama terhadap senior mereka yang notabenenya melanggar HAM? Apa karena anak mereka dianggap dibawah umur? Tidak !!karena HAM tak mengenal umur, ingat pohon yang karena akar yang kuat