yos mo
yos mo webpreneur

Lifestyle Sport Blogger Indonesia. _ _ _ hanya lelaki biasa penyuka olahraga yang gemar membaca dan bercerita lewat rangkaian kata. Hobby mendengarkan musik, bernyanyi, menari, berkomunitas, memaksimalkan potensi media sosial, menonton film, mengolah kurasi data-data. - - - - - - - - - Senang baca buku/majalah/tabloid/koran sejak Sekolah Dasar, mulai aktif menggunakan media sosial sejak tahun 2007, gemar membaca media online sejak 2008, mulai aktif menulis online diary sejak tahun 2010, mulai minat membaca Kompasiana sejak tahun 2011, mulai' berani' aktif menulis di Kompasiana sejak pertengahan tahun 2015.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Kemenangan Bersejarah Remaja Wonogiri di Perhelatan Indonesia Open

14 Juni 2017   08:58 Diperbarui: 14 Juni 2017   09:30 1198 0 0
Kemenangan Bersejarah Remaja Wonogiri di Perhelatan Indonesia Open
pose Gregoria Mariska sebelum tanding/ foto: djarumbadminton.com

Sepanjang hari Senin kemarin (13/6) sudah digelar 32 pertandingan babak pertama Indonesia Open, dalam nomor tunggal putri dan ganda campuran. Berbagi kejutan terjadi, tercatat ada 7 unggulan Indonesia Open 2017 yang kemarin tersingkir.

Di nomor tunggal putri ada 3 pemain unggulan yang keok di babak pertama. Juara dunia Carolina Marin, unggulan ke-2 turnamen ini, kalah lawan Chen Xiaoxin. Sedangkan unggulan ke-8 Ratchanok Intanon takluk dalam duel sengit melawan Saina Nehwal. Unggulan ke-7 He Bingjiao kalah dua gim langsung menghadapi Sayaka Sato.

juara dunia Carolina Marin langsung tumbang di babak 1 Indonesia Open 2017/foto: djarumbadminton.com
juara dunia Carolina Marin langsung tumbang di babak 1 Indonesia Open 2017/foto: djarumbadminton.com

Kemenangan bersejarah dibuat oleh remaja putri asal Wonogiri berusia 17 tahun, Gregoria Mariska Tunjung. Setelah sukses melewati babak kualifikasi dengan mengalahkan dua pemain lawan, Gregoria Mariska melanjutkan kemenangan di babak pertama Indonesia Open dengan mengalahkan pemain ranking 9 dunia, Chen Yufei.

Tampil bersemangat di sepanjang pertandingan, Gregoria Mariska menang rubber set 17-21 21-18 21-12 atas Chen Yufei yang merupakan juara dunia junior setahun silam.

Gregoria Mariska menjadi tunggal putri Indonesia pertama dalam dua tahun terakhir yang mampu mengalahkan pemain ranking top 10 dunia. Sebelumnya, tunggal putri Indonesia terakhir yang bisa menang atas pemain top 10 dunia adalah Lindaweni Fanetri, dalam Kejuaraan Dunia di Istora Senayan bulan Agustus 2015.

Gregoria Mariska Tunjung memiliki prospek karier cerah di masa mendatang.Lima bulan silam, Gregoria mampu menembus final turnamen Syed Modi Grand Prix Gold yang berlangsung di India.

Gregoria Mariska di babak 2 menghadapi Tai Tzu Ying/ foto: bola.com
Gregoria Mariska di babak 2 menghadapi Tai Tzu Ying/ foto: bola.com

Di babak kedua Indonesia Open, lawan tangguh akan dihadapi oleh Gregoria Mariska, yakni pemain ranking satu dunia Tai Tzu Ying yang belum terkalahkan sepanjang tahun ini.

Satu pemain tunggal putri Indonesia lainnya yang lolos ke babak 2 Indonesia Open adalah Fitriani. Dalam pertarungan sengit tiga set, Fitriani akhirnya berhasil mengalahkan Cheung Ngan Yi. Di babak kedua Fitriani akan menghadapi unggulan ke-5 asal Korea Selatan, Sung Ji Hyun.

Di sektor ganda campuran ada 4 unggulan yang pulang lebih cepat dari turnamen ini. Kekalahan memalukan diderita oleh unggulan ke-7, Praveen Jordan/Debby Susanto. Tampil di hadapan pendukung sendiri yang memadati Jakarta Convention Center, Praveen/Debby menyerah 21-15 19-21 11-21 menghadapi ganda Denmark, Mathias Christiansen/Sara Thygesen.

Ganda Denmark unggulan ke-4, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen diluar dugaan takluk oleh pasangan asal Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet.

Puavaranukroh Dechapol/Sapsiree Taerattanachai, duet asal Thailand yang sedang 'naik daun', unggulan ke-8 turnamen ini, kalah dalam duel sengit rubber set melawan Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai.

Sedangkan unggulan ke-3 Zhang Nan/Li Yinhui mundur karena Li mengalami cedera. Mundurnya Zhang/Li menguntungkan ganda muda Indonesia, Fachryza Abimanyu/Bunga Fitriani Romadhini yang otomatis melaju ke babak kedua tanpa memeras keringat

Selain Fahcryza/Bunga, ada 4 ganda campuran Indonesia lainnya yang berhasil melangkah ke babak 2 Indonesia Open. Pasangan senior Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir selamat dari kekalahan, setelah susah payah mengatasi perlawanan Kim Duk Young/Kim Ha Na dengan skor 19-21 21-19 21-18.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir/ foto: djarumbadminton.com
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir/ foto: djarumbadminton.com

Tontowi/Liliyana di babak berikutnya menghadapi sesama ganda Indonesia, Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia. Di babak pertama Hafiz/Shela mengalahkan ganda Taipei, Wang Chi Lin/Lee Chia Hsin.

Pasangan Irfan Fadhilah/Weni Anggraini melaju ke babak 2 turnamen ini setelah menang mudah 21-12 21-9 atas ganda India, Sumeeth Reddy/Ashwini Ponnappa. Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika ganda campuran Indonesia berikutnya yang melewati babak pertama, menang 21-14 21-18 atas Kenta Kazuno/Ayane Kurihara.

Babak 2 Indonesia Open akan dilangsungkan Kamis besok (15/6). Hari Rabu ini (14/6) akan berlangsung 48 pertandingan babak pertama dalam nomor tunggal putra, ganda putra dan ganda putri.

Artikel Terkait Indonesia Open 2017

Indonesia Tambah 10 Wakil di Babak Utama Indonesia Open 2017