Asep Rizal
Asep Rizal profesional

baik-baik sehat selalu dan banyak rezeky,tidak punya utang lahir maupun bathin,kaya raya ,,amiin yaa robb,,!!

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Mereka Ikut Menikmati Galunggung

19 Juni 2018   19:53 Diperbarui: 19 Juni 2018   19:58 925 0 0
Mereka Ikut Menikmati Galunggung
Dokpri

Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat,19/06/2018.

Nampak Langit mendung siang tadi di Sekitaran Tempat Wisata Galunggung Yang Terletak di Wilayah Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Cuaca Itupun Nampak semakin Meng-asyikan perjalanannya  Para Pelawat  wisatawan lokal yang Pada Liburan Idul Fitri 1439.H pada Hari Ke-5 nya |19/06/2018|  ini masih tampak Berjejal Masuk ke Berbagai Titik Tempat Wisata Alam Gunung Galunggung tersebut.

Suasana Keramaian tempat wisata Galunggung Itu Nampak Pula dimanfaatkan oleh Beberapa Tukang Dagang Asongan  , dari mulai  Tukang Tahu Bulat ,Tukang Tahu Sumedang ,Tukang Bakso Motor dan Menjadi Lahan Panen untuk Beberapa Warga Pedagang Asongan Lainnya.

Pantauan Penulis Meyakinkan Bahwa Ada Dua Puluhan Orang Pedagang Asongan yang memanfaatkan  Keramaian  Pengunjung ke Tempat Wisata Galunggung tersebut.

Dokpri
Dokpri

Menurut sumber yang bisa dipercaya bahwa Para pedagang Asongan itu adalah Para Pedagang musiman yang Datang dari Berbagai Wilayah sekitaran Lokasi terdekat kelokasi Wisata Alam Tersebut.

Salah seorang Tukang Dagang Tahu Sumedang sempat diajak Ngobrol oleh Penulis , dia Menyebutkan bahwa dia Datang dari Wilayah Kecamatan Salawu "Saya datang bersama teman saya kesini, biasanya saya Dagang Tahu Sumedang  didalam Bus Antar Kota dari Terminal Singaparna sampai di Terminal Guntur Kota Garut ,,,!" Jelasnya.

Pada Suasana Keramaian dilokasi Wisata Galunggung tersebut Para Pedagang Asongan menyebutkan bahwa Kegiatan Usahanya dia itu  merupakan Jatah Panennya Mereka , "Ya Alhamdulillah Saya bisa Ambil Tahu dari Boss Saya dua Kali Ambilan , Biasanya Dalam Bus Antar Kota hanya sekali ambil  saja , Keuntungannya? ,,Ya Lumayan saja Mas,,!" Ucap dia ketika Obrolan Penulis sempat menelisik Hasil Usahanya dia pada Siang hari ketika dia tengah Sibuk melayani Pesanan Para Wisatawan Lokal yang Berjejal Masuk dipintu Masuk Wisata Galunggung tersebut.

Dokpri | Gambar: Warung Baru Mak Ipah di Galunggung
Dokpri | Gambar: Warung Baru Mak Ipah di Galunggung

Galunggung Ramai,Warung Kopi-pun Bangkit.

Kermaian Suasana Liburan Idul Fitri 1439.H dilokasi Wisata itupun

Sempat Juga dimanfaatkan Oleh Pedagang Kopi Warungan yang Warungnya Sempat Gulung Tikar pada Sebelum Menjelang Bulan Puasa pada sebulan yang lalu.

Mak Ipah |58| Tukang Warung Kopi sempat bercerita Juga kepada Penulis bahwa dia Kembali Membuka Warungnya yang sempat Tutup Karena Tidak Adanya Modal Buat meneruskan Usahanya ,namun Berkat Usaha dia "Meminjam" Modal kepada Salah Seorang Boss yang baik hati Maka Usahanya dia Pada Lebaran Idul Fitri kali ini dia Bisa memulai lagi Usaha Dagang Pecel dan Kopi Instan-nya disana.

Dengan Niatan Kuat ,  Untuk terus menjalankan usahanya tersebut "Kan Tiap Hari Minggu atau Hari Libur Tanggal Merah  mah ,, Galunggung ini selalu Ramai dikunjungi Orang Piknik pak,,, mudah-mudahan Hasil Dagang Pada Liburan Idul Fitri Tahun ini hasilnya  bisa meneruskan perjalanan  Usaha saya Untuk Menyambung Hidup Sehari-hari ,,!" Jelasnya pula.

Keramaian Tempat Wisata Cipanas dan Kawah Galunggung tersebut banyak juga  dimanfaatkan Warga yang Menjalankan Aktifitas Usahanya mereka untuk sekedar memenuhi kebutuhan Sehari-hari.

Para Pegiat Dagang makanan dan Minuman Ringan  itu sangat Menikmati Hasil mereka berdagang di Lokasi Wisata Galunggung tersebut  " walaupun" Skala Usahanya  mereka  Terbilang Usaha Kecil-kecilan.

Anginpun semilir menerpa Dedaunan dilokasi Wisata Alam tersebut siang Tadi, Pengunjung yang Datangpun Nampak menjejali Tempat membeli Karcis Masuk sampai Waktu Menjelang Senja hari ini,,

Asep Muhammad Rizal.