Ardi
Ardi Guru

Tenaga Kependidikan di SMP Ulun Nuha Medan Alumnus STAI Bahriyatul Ulum KH. Zainul Arifin Tapanuli Tengah Tahun 2012

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

4 Usaha agar Terhindar dari Begal

11 Juni 2017   01:24 Diperbarui: 11 Juni 2017   01:38 422 0 0
4 Usaha agar Terhindar dari  Begal
Ilustrasi: merdeka.com

Keadaan nahas seseorang acap kali tidak dapat terbantahkan dengan suatu alasan. Tapi bisa jadi kecelakaan itu diakibatkan karena seseorang kurang waspada terhadap resiko dan ancaman yang ada. Aksi begal hingga sekarang masih sering muncul di berita-berita nasional. Setidaknya anda dapat membentengi diri dari akan terjadinya kondisi nahas. Berikut tips yang dapat anda coba:

1. Jangan melakukan perjalanan panjang diatas  pukul 00

Dari sekian banyak kasus terkait aksi begal, dapat disimpulkan bahwa aksi itu dilakukan pada malam hari diatas pukul 00. Lebih baik urungkan niat anda untuk kembali atau pergi jika sudah masuk waktu tersebut. Jika penting, sebaiknya anda memesan taksi online yang sudah mempunyai nama dan kepercayaan di mata masyarakat. Perusahaan taksi ternama telah mempunyai sistem dan alat canggih untuk menangkis tindak kriminal. Bukan taksi gelap yang masih diragukan tanggung jawabnya.

2. Jangan terlalu pagi melakukan perjalanan

Terinspirasi oleh sebuah obrolan ringan. Sang teman yang menceritakan kejadian nahas yang dialami oleh adiknya. Perjalanan mengendarai sepeda motor besar itu dilakukan pukul 05.30 wib. Tiba-tiba saja sekelompok orang datang dari belakang mengelilinginya dan berhasil menghentikannya. Dalam hitungan menit mereka sudah berhasil merampas kendaraan korban. Bagaimana tidak, setiba mereka berhenti, mereka mengeluarkan senjata tajam dan mengancam akan membunuhnya jika tidak menyerahkan kendaraannya. Apa boleh buat, nyawa tak mungkin bisa dibeli namun kendaraan bisa dicari lagi. Hanya itulah yang terpikir oleh korban saat itu.

Mungkin kita tidak menyangka bahwa pukul 05.30 wib dimana hari sudah mulai tampak terang, malah aksi itu berjalan dengan mulus walaupun itu terjadi di jalan raya. Oleh sebab itu, ada baiknya anda untuk mempertimbangkannya lagi jika akan melakukan perjalanan pada waktu tersebut.

3. Ambil alternatif jalan yang ramai

Umumnya kelompok begal itu menjalankan aksinya karena tempat itu sunyi. Banyak isu dan berita nyata yang membuat kita harus selalu waspada akan aksi mereka. Sebaiknya carilah jalan yang dilalui oleh banyak orang. Paling tidak jika hal itu terjadi, anda dapat berteriak minta tolong agar orang-orang sekitar mendekat.

4. Jangan melakukan perjalanan panjang sendiri  

Salah satu kesempatan yang membuat kelompok begal itu berniat menjalankan aksinya adalah karena si pengendara dalam keadaan sendiri. Tidak beriringan maupun membawa tumpangan. Akan lebih baik jika anda selalu membawa teman saat akan melakukan perjalanan jauh. Ini dapat meminimalisir tindak kejahatan begal. Semoga bermanfaat.