Media

Pengamat: Program Mularis-Lury Bisa Menangkan Pasangan Ini pada Pilkada Palembang

2 Juli 2017   15:15 Diperbarui: 2 Juli 2017   15:17 262 1 2
Pengamat: Program Mularis-Lury Bisa Menangkan Pasangan Ini pada Pilkada Palembang
Pengamat: Program Mularis-Lury Bisa Menangkan Pasangan Ini pada Pilkada Palembang

Bulan Juni yang lalu, Lembaga Survei Stratak Indonesia atau yang lebih dikenal Stratakindo merilis hasil survei bakal calon Walikota Palembang untuk Pilkada 2018 mendatang.

Hasilnya, Pasangan Sarmuda–Abdul Rozak berhasil memimpin dengan memperoleh suara sebesar 27,0 persen. Di urutan kedua, ada nama Pasangan Harno Joyo–Fitrianti Agustinda yang meraih suara sebesar 26,83 persen. Selanjutnya, Pasangan Mularis Djahri–Lury Elza Alex Noerdin berhasil mendongkrak suara sebesar 26,6 persen.

Berdasarkan data tersebut persaingan untuk menjadi orang nomor satu di bumi Sriwijaya bakal berlangsung ketat. Karena selisih diantara ketiganya kurang lebih hanya 1 persen.

Menurut pengamat politik dari Universitas Teknologi Malaysia Riza F Chalil, peta pasangan calon yang tergambar diatas akan berlangsung seru dan antagonisitik.  Alasannya, karena masing-masing calon mempunyai kelebihan dan kelemahan.

1. Pasangan Sarimuda – Abdul Rozak

Kelebihan pasangan ini terletak pada hasil survei yang menunjukan suara tertinggi dibanding kandidat lainnya, yakni 27 persen. Tetapi, angka tersebut bukanlah sesuatu yang mengejutkan, karena Sarimuda adalah kandidat calon pada pemilihan walikota Palembang sebelumnya. Jadi, wajar jika nilai elektabilitasnya mencapai angka 27 persen.

2. Pasangan Harno Joyo – Fitrianti Agustinda

Pasangan ini merupakan petahana yang akan kembali mencalonkan diri menjadi Walikota dan Wakil Walikota pada Pilkada Palembang 2018 mendatang.  Berdasarkan hasil survei, pasangan ini berada diangka 26 persen. Bagi seorang petahana, meraih angka 26 persen, tentu buka sebuah kelebihan.

Kelemahan lainnya, pasangan ini dianggap tidak mempunyai program yang ditawarkan ke masyrakat untuk membangun kota Palembang. Mereka hanya gencar mengajak masyarakat untuk kerja bakti dan bersih-bersih lingkungan.

3. Pasangan Mularis Djahri – Lury Elza Alex Noerdin

Sebagai pendatang baru, nilai elektabilitas yang mencapai 26 persen, tentu sesuatu yang luar biasa bagi pasangan ini. Karena itu, pasangan ini berpotensi besar untuk menang dalam Pilkada Palembang 2018 nanti.

Selain elektabilitas yang hampir seimbang dengan para paslon lainnya, mereka juga mempunyai kekuatan dana dan program yang mampu menarik perhatian banyak orang.

Slogan yang diusung Mularis Djahri adalah Kota Cerdas, suatu konsep kota maju berbasis teknologi informasi yang memberi kemudahan pelayanan kepada warganya yang mau tidak mau akan mengubah kultur pelayanan pemerintah menjadi profesional, efisien, cepat dan responsif.

Selain itu, Lury Elza Alex juga mengusung program andalan ayahnya yaitu Gubernur Sumatera Selatan saat ini, Alex Noerdin yang dikenal dengan pelopor sekolah dan berobat gratis.