Mukti Ali Bin Syamsuddin Ali
Mukti Ali Bin Syamsuddin Ali profesional

Suaminya Novi, ayahnya Sheikha, domisili di kampung tengah, dekat kampung monyet, Jakarta Timur.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Anehnya Masjid di Dubai

1 Juli 2017   09:07 Diperbarui: 1 Juli 2017   09:42 1215 3 3
Anehnya Masjid di Dubai
Sofa empuk di dalam masjid

 Kata masjid terambil dari akar kata Sajada, masjid berarti "Tempat Sujud",  selain Masjid kita juga mengenal musola, ada pula surau, kalo waktu saya di Palembang, ada tempat sholat yang di sebut langgar.

Selama ngetem di Dubai, saya berkesempatan menziarahi masjid-masjid yang berada di kota modern nan imut ini, saya melihat ada beberapa "keanehan" yang jarang atau malah tidak saya temui di masjid-masjid tanah air.

Apa saja keanehan tersebut, Penasaran kan?, Penasaran biasa aja, atau penasaran banget?

Keanehan pertama, Masjid di Dubai tidak ada DKM ( Dewan kemakmuran masjid)  jadi saya tidak pernah melihat ada jamaah rapat guna memilih ketua DKM, bagaimana soal imam masjid, imam masjid disini digaji, tugasnya mengimami jamaah masjid, semua imam di tunjuk langsung.

Keanehan kedua, ketika sholat Jum'at, tidak ada pengumuman berapa duit yang didapat dari hasil kencleng, boro-boro hasil kencleng, nama imam dan Khotib juga kagak di umumin, yang ada imam dan Khotibnya yang itu-itu aja. Tema khotbahnya enggak pernah nyinggung soal politik, apalagi soal Pilkada. 

Keanehan ketiga, Khotib Jum'at nya selalu mendoakan raja dan keluarga nya, pokoknya didoakan yang baek-baek, moga selalu sehat, yang sudah wafat, moga diampuni, kalo Khotib dikita kan jarang yang mendoakan Jokowi, kalo mendoakan Jokowi nanti disangka mempolitisasi kan masjid. 

Keanehan keempat, didalam masjid ada kulkasnya, biasanya isinya ada minuman mineral, jus dan lain-lain, para jamaah bisa bebas ambil dan gratis.

Dan keanehan kelima yang paling aneh menurut saya, di dalam masjid ada sofa nya, jadi jamaah bisa duduk di sofa, kebayang kalo lagi dengerin khotbah Jum'at, enggak duduk di sofa aja udah ngantuk, apalagi duduk di sofa, yang ada tambah pules deh.

Itulah beberapa keanehan masjid di Dubai yang sempat saya catat, kalo kelebihan masjid disini, tentu saja karpetnya yang tebal, AC-nya yang dingin dan aroma "kemenyannya" yang harum. 

Oiya, terakhir, enggak hanya masjidnya yang aneh, jamaahnya juga ada yang "aneh" contohnya, kalo Jumatan, ada jamaah yang datang ke masjid dengan celana pendek sedengkul, adapula yang pake celana training. 

Selamat berakhir pekan...