Ahmad Imam Satriya
Ahmad Imam Satriya Guru

mencintai 4 wanita cantik Rizka, Adzra, Rania, Alida, dan menyayangi satu anak laki-laki ganteng, Yasser! Seorang guru. Pemerhati humaniora. Paling senang berada di tengah keluarga dan di dalam kelas belajar bersama siswa. Pemain bola favorit Mohamed Salah

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Buanglah Barang-barang yang Tidak Terpakai

16 Juni 2018   20:31 Diperbarui: 16 Juni 2018   20:52 711 1 1
Buanglah Barang-barang yang Tidak Terpakai
tribunnews.com

Dalam liburan lebaran kali ini, salah satu yang kami lakukan adalah mengidentifikasi barang-barang yang sudah tidak terpakai dan kemudian membuangnya. Kami lakukan itu setelah menyadari banyak barang menumpuk dan membuat sesak rumah. Ada kardus, kantung plastik, pakaian, kain, plastik mainan dan lain sebagainya.

Pada awalnya kami merasa sayang, karena mungkin kita butuh di masa depan, namun setelah menimbang baik buruknya kami pikir lebih baik membuangnya. Karena berdasarkan pengalaman, barang yang tidak terpakai akhirnya tidak digunakan sehingga tidak manfaat. Selain itu,barang menjadi berdebu dan menjadi sarang binatang seperti kecoa, semut, nyamuk, tikus dan lain sebagainya.

Setelah kami buang, ternyata manfaat yang muncul bukan saja membuat rumah atau lemari menjadi lebih lapang dan bersih tetapi juga barang yang kita buang, bisa dimanfaatkan orang lain.  

Di kompleks kami, terkadang saya melihat orang (pemulung atau tukang sampah), mengais barang yang ada di tempat sampah kemudian mereka mengambilnya. Yang biasa diincar adalah sampah plastik kemasan atau kardus. Biasanya mereka mengumpulkan untuk dijual kembali. Setelah itu mungkin barang itu akan didaur ulang.

Selain kardus dan plastik kemasan, terkadang ada pakaian yang sudah tidak terpakai, namun karena momennya tidak pas, seperti sedang tidak ada kegiatan baksos, kami terpaksa membuangnya. Sebenarnya ingin memberikan ke orang lain tetapi hawatir ditolak. Nah karena hal itu kamipun membuang pakaian itu. Tetapi caranya kami bungkus rapi dengan plastik agar tidak rusak karena kotor atau kehujanan. Harapan kami ada yang mengambil dan mau memanfaatkannya.  Dan berdasarkan pengalaman, itu terjadi.

Memang sebaiknya barang-barang yang sudah tidak terpakai namun masih layak dipakai, disumbangkan kepada yang membutuhkan seperti dalam firman Allah dalam surat Saba ayat 39,"... .  Dan apa saja yang kamu infaqkan, niscaya Allah akan menggantinya. Dan Dialah pemberi rizki yang sebaik-baiknya". Bisa secara pribadi bisa juga melalui lembaga. Namun jika sedang repot dan jika kita ga pede karena hawatir barangnya ga bagus, ya buang saja. Saya yakin akan lebih bermanfaat.

Wallahualam