Hijau

April: Korporasi dengan Sustainable Foresty Management Policy

29 Mei 2017   12:33 Diperbarui: 30 Mei 2017   04:20 164 1 0

April merupakan akronim dari Asia Pacific Resources International Holdings. Perusahaan pengelolaan kayu ini tergabung dalam RGE group yang didirikan oleh Sukanto Tanoto pada tahun 1973. Sedikit membahas RGE Group. Dibawah kepemimpinan Sukanto Tanoto, RGE Group telah tumbuh menjadi kelompok pekerja yang telah dikenal secara global. Terlebih lagi jumlah pekerja yang tergabung berjumlah lebih dari 50.000 orang. RGE group memiliki aset senilai US$ 15 miliar (April, 2015). 

April memiliki komitmen dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Komitmet ini ditunjukkan oleh perusahaan lewat penerapan Sustainable Foresty Managemeny Policy. Sustainable Foresty Management Policy merupakan kebijakan pengelolaan hutan yang dilakukan secara berkelanjutan. Lewat kebijakan ini, salah satu hal yang dihindari untuk dilakukan oleh perusahaan adalah deforestasi. Deforestasi merupakan suatu proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayu dan pengubahan fungsi hutan menjadi non-hutan. 

Sustainable Foresty Management Policy mengarahkan Apirl untuk melakukan dan membuat program-program yang mementingkan pengembangan secara berkelanjutan. Salah satu program yang dilakukan oleh April adalah program bebas api. Program tersebut merupakan program yang dibuat oleh April untuk memunculkan kesadaran masyarkat untuk memelihara lingkungan sekitarnya,khususnya hutan dan tidak melakukan pembakaran hutan.

Program bebas api terdiri atas beberapa cara untuk memunculkan kesadaran tersebut. Cara cara tersebut antara lain : (1) memberi penghargaan pada desa bebas kebakaran, (2) memilih crew leader di tiap desa, (3) memberi atau meminjamkan sarana dan prasarana penunjang program, (4) meningkatkan kesadaran, dan (5) memasang alat ukur pencemaran.

Daftar Pustaka
April. (2015). About April. aprilasia.com. Diakses dari : www.aprilasia.com/en/about-us/history