Achmad Humaidy
Achmad Humaidy Freelance Writer

I'm a blogger, challenger, and entertainer* My IG: @me_eksis , My Twitter: @me_idy , www.blogger-eksis.my.id

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Libur Lebaran di Jakarta Fair yang Menguntungkan

14 Juni 2018   01:37 Diperbarui: 14 Juni 2018   01:56 734 0 0
Libur Lebaran di Jakarta Fair yang Menguntungkan
Grand Prize JFK 2018 (dokumentasi pribadi)

'Ayo siapa yang belum pernah ke Jakarta Fair?'

Jujur saja, penulis baru tahun ini main lagi ke Jakarta Fair setelah masa kecil dulu. Tujuannya untuk menghabiskan libur lebaran ke destinasi pilihan yang tepat. Maka, penulis memilih tanggal 11 Juni 2018 sebagai hari yang pas jelang lebaran untuk liburan di Jakarta Fair.

Acara yang berlangsung di area JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat ini memang jadi event tahunan yang wajib dikunjungi. Ada berbagai sajian kuliner yang bisa dinikmati sambil jalan-jalan keliling venue Jakarta Fair untuk mencari diskon yang pas di hati. Ada sekitar 1500 stan yang hadir di Jakarta Fair menggelar promo menarik dengan harga yang ramah di kantong.

Apalagi kalau sudah mau lebaran seperti ini, tempat ibadah terlihat sepi dan tempat perbelanjaan justru tampak ramai. Memang sih, banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Makanya, penulis pilih satu tempat yang serba ada supaya semua terasa lengkap dan memenuhi ekspetasi di kepala.

"Hmm.. tapi sepertinya tidak akan cukup jika hanya sekali atau dua kali kunjungan ke JFK 2018 ini !".

Lokasi area Gambir Expo (dokumentasi pribadi)
Lokasi area Gambir Expo (dokumentasi pribadi)

Di tengah suasana musim liburan tahun ini bertepatan dengan libur anak sekolah dan lebaran, PT. Jakarta International Expo (JIExpo) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar event akbar yang juga diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Kota Jakarta yang berusia ke-491 tahun. Event tahunan yang diberi nama Jakarta Fair identik dengan suasana seru, meriah, dan semarak. Seru karena banyak promo menarik, meriah karena diramaikan dengan jadwal acara terbaik, dan semarak karena ada undian kejutan lebaran.

Selain keseruan mendapat promo, kita juga bisa menghabiskan waktu dengan wisata kuliner di Jakarta Fair 2018. Bukan hanya itu, kemeriahan konser musik juga lebih mengasyikkan jika ditonton bersama teman-teman di area panggung utama. Bagi Kompasianer yang suka budaya juga bisa menyaksikan pawai karnaval yang diikuti oleh para peserta dari beberapa ikon dan maskot yang unik perwakilan tenant, kelompok Golden Boys, Ondel-Ondel, Cosplay, Humanoid Dancer, LED Dance, Barongsai, Marching Band, dan masih banyak lagi. Parade karnaval ini semacam arak-arakan yang jalan beriringan. Bisa dicatat tanggal pawai pada tanggal 19, 21, dan 26 Juni 2018.

Salah satu penampilan dari peserta pawai (dokumentasi pribadi)
Salah satu penampilan dari peserta pawai (dokumentasi pribadi)

Dari semua itu, hal yang membuat semarak Jakarta Fair Kemayoran 2018 yaitu kesempatan mendapat Grand Prize bagi pengunjung beruntung. Sebagai ajang arena pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fair Kemayoran juga selalu hadir dengan nuansa baru dan konten acara yang pasti lebih menarik dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.  Di semarak 51 tahun Jakarta Fair Kemayoran telah tersedia Grand Prize berupa 4 unit mobil dan 40 unit motor.

Grand Prize ini selalu menyapa pengunjung setiap tahun. Selama 39 hari nonstop, semua pengunjung berhak mengikuti undian Grand Prize Jakarta Fair Kemayoran. Para pengunjung dapat mengunduh terlebih dahulu mobile aplikasi Jakarta Fair melalui App Store bagi pengguna ioS dan Google Play Store bagi pengguna android.

     Berikut penulis berikan tata cara untuk mengikuti pengundian Grand Prize:

1. Setelah unduh aplikasi Jakarta Fair, lakukan registrasi dan login di mobile app tersebut.

2. Masuk ke fitur menu Grand Prize.

3. Lakukan input biodata berupa nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nomor tiket pengunjung Jakarta Fair, lalu pilih submit.

     Mudah kan hanya dengan 3 langkah saja. Perlu diingat pula bahwa setiap pengguna mobile aplikasi mempunyai batas maksimal mengikuti pengundian Grand Prize sebanyak 3 kali dengan input 3 nomor tiket yang beda per hari. Jadi, Kompasianer jangan sampai salah input.

     Nantinya, pengundian Grand Prize akan dilakukan sebanyak lima kali selama gelaran event yakni setiap hari Minggu pada tanggal 3, 10, 17, 24 Juni & 1 Juli 2018 di area panggung utama Jakarta Fair. Pengundian ini akan disaksikan langsung oleh para saksi dari Kementerian Sosial, Dinas Sosial, Notaris, dan pihak Kepolisian. Pemenang akan dihubungi melalui telepon oleh pihak penyelenggara jika nomor tiketnya keluar sebagai pengunjung yang beruntung. Verifikasi pemenang dilakukan dari potongan tiket masuk yang berisi nomor tiket dan identitas pengirim (nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor KTP) sesuai dengan identitas yang masih berlaku.

      Jika minggu ini Kompasianer belum beruntung, maka semua nomor tiket pengunjung yang masuk dalam sistem akan terus diikutsertakan pada pengundian minggu berikutnya. Berdoa saja semoga ada berkah lebaran menanti Kompasianer semua.

Setiap pembelian tiket masuh sudah termasuk asuransi kecelakaan diri (Dokumentasi Pribadi)
Setiap pembelian tiket masuh sudah termasuk asuransi kecelakaan diri (Dokumentasi Pribadi)

Undian Kejutan Lebaran

Hadiah yang bisa dibawa pengunjung pulang (dokumentasi pribadi)
Hadiah yang bisa dibawa pengunjung pulang (dokumentasi pribadi)
Selain undian Grand Prize, pihak panitia penyelenggara telah menyiapkan kejutan hadiah menarik lain yang diberi tajuk Undian Kejutan Lebaran. Program ini merupakan hadiah kejutan khusus selama musim libur lebaran. Para pengunjung yang datang mulai 11 Juni hingga 20 Juni bisa mendaftarkan tiket Jakarta Fair dengan kupon Undian Kejutan Lebaran. Kupon tersebut akan diundi secara acak pada 20 Juni di panggung utama Jakarta Fair Kemayoran.

Mekanisme undian kejutan lebaran juga berlaku bagi para pengunjung yang mengumpulkan struk belanja di Jakarta Fair dengan minimal pembelanjaan senilai Rp 2.000.000 di hari yang sama (bisa digabungkan maksimal 5 struk pembelanjaan atau berlaku kelipatan). Pembelanjaan tersebut bisa dilakukan di seluruh tenant yang berada di Jakarta Fair Kemayoran. Semakin banyak belanja di Jakarta Fair, maka semakin besar kesempatan untuk memenangkan hadiah Undian Kejutan Lebaran.

Untuk penukaran tiket masuk Jakarta Fair dan struk pembelanjaan dengan kupon undian kejutan lebaran dapat dilakukan di dua area yaitu di Pusat informasi Hall D2 dan Pusat Informasi di Gedung Pusat Niaga (GPN). Selain itu, pengunjung juga harus mendaftarkan nomor kupon undian yang telah didapat melalui aplikasi seluler Jakarta Fair yang telah diunduh.

Bagi para pengguna mobile aplikasi yang sudah mendaftarkan nomor kupon undian kejutan lebaran akan mendapat notifikasi dalam mobile aplikasi tersebut dan melalui email yang sudah didaftarkan saat registrasi. Mereka yang terdaftar akan berkesempatan memenangkan hadiah berupa 5 unit sepeda motor Yamaha, 5 unit ponsel Luna G8, 5 unit LED TV Polytron 39" PLD40V853, 3 buah voucher belanja Lotte Mart masing-masing senilai Rp. 3.000.000 dan Rp. 2.000.000.

Informasi harga tiket dan jam operasional Jakarta Fair 2018
Informasi harga tiket dan jam operasional Jakarta Fair 2018

          'Jakarta Fair is in your hand'. Dengan mobile aplikasi yang telah Kompasianer unduh, maka Kompasianer akan mendapat semua informasi update tentang Jakarta Fair. Kompasianer juga bisa masuk ke fitur unik berupa kanal e-voucher. Setiap hari pihak penyelenggara memberi ribuan hadiah langsung dari para tenant yang membuka stan di Jakarta Fair. Ada voucher belanja matahari, voucher belanja JD.id, free sample The Body Shop, potongan harga sepatu League senilai Rp 100.000, voucher makan di tempat kuliner favorit, dan masih banyak lagi.

            Untuk itu, persiapkan diri Kompasianer menikmati libur lebaran di event akbar Jakarta Fair Kemayoran. Nantikan sajian tebaran hadiah di pameran terbesar di kawasan Asia Tenggara dan bersiaplah menjadi salah satu pemenang hadiah kejutan di Jakarta Fair Kemayoran 2018.

            Jelang hari raya IdulFitri atau pas hari lebaran, Jakarta Fair 2018 tetap dibuka untuk umum. Berikut detail informasi jam buka pameran Jakarta Fair selama masa libur lebaran:

Tanggal 11-13 Juni           : 10.00-23.00 WIB

Tanggal 14 Juni                 : 10.00-18.00 WIB

Tanggal 15 Juni                 : 14.00-23.00 WIB

Tanggal 16-20 Juni         : 10.00-23.00 WIB

             Gak terasa yaa momen lebaran sebentar lagi. Jadikan Jakarta Fair Kemayoran sebagai destinasi libur lebaran Kompasianer sekarang juga. Selamat Berlibur!

             Kompasianer juga bisa membaca artikel lain tentang Jakarta Fair:

Peserta Karnaval dari Kelompok Golden Boys
Peserta Karnaval dari Kelompok Golden Boys