Achmad Humaidy
Achmad Humaidy Freelance Writer

I'm a blogger II challenger II entertainer My Instagram: https://www.instagram.com/me_eksis My Twitter: https://twitter.com/me_idy My Blog: https://www.blogger-eksis.my.id

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan

Spot Belanja di Jakarta Fair Kemayoran Demi Memenuhi Kebutuhan Lebaran

10 Juni 2018   17:09 Diperbarui: 10 Juni 2018   17:25 769 1 0
Spot Belanja di Jakarta Fair Kemayoran Demi Memenuhi Kebutuhan Lebaran
JFK 2018/www.facebook.com › Places › Jakarta, Indonesia › Event Planning

Setelah seminggu sebelumnya penulis hadir meliput pembukaan Jakarta Fair Kemayoran yang bertepatan dengan bulan Ramadan, Kamis (31/5/2018) penulis berkunjung kembali ke bazaar terbesar, terlama, dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara tersebut. Tiba di depan loket, penulis melihat antrian panjang para pengunjung yang sabar untuk masuk ke dalam arena pameran. Antusiasme pengunjung begitu ramai pada hari itu.

Banyak yang bilang, Jakarta Fair Kemayoran memang dikenal sebagai surga belanja. Maklum saja semua produk, baik barang dan jasa yang ditawarkan tergolong murah, tapi tidak murahan. Begitu banyak brand mewah yang kita bisa kunjungi satu per satu dari ribuan stan yang ada.

Di pameran yang sudah digelar ke-51 ini, kita bisa nikmati diskon dengan harga miring. Mulai dari buy one get one, voucher produk, potongan belanja, dan berbagai promo menarik lain. Diskon yang digelar pun mencapai 85%. Wah, Jakarta Fair Kemayoran bisa jadi opsi destinasi belanja untuk kebutuhan lebaran nih.

Apalagi anggapan kita masih berputar pada pemikiran"bukan cuma hati saja yang kembali fitri, tapi semua hal juga harus serba baru!". Boleh saja sih, jika memang THR Kompasianer sudah cair. Jadi, sambil menunggu buka puasa atau setelah berbuka, kita bisa langsung wara-wiri di JiExpo Kemayoran. Berikut hasil penelusuran penulis untuk spot-spot terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan lebaran semua Kompasianer.

1. Belanja Pakaian

Siapa sih yang tidak mau memiliki outfit terbaik saat lebaran? Semua orang pasti ingin punya penampilan spesial di hari raya Idul Fitri. Jakarta Fair Kemayoran pun menawarkan banyak produk pakaian muslim terbaik karya desainer lokal yang memasarkan produk berkualitas dengan penawaran menarik.

Ada pilihan stan yang menjual pakaian muslim, seperti Matahari, Ramayana, Cardinal, Carlos Moreno, Elzatta, Zoya, dan masih banyak lagi. Stan-stan tersebut memberi promo tertentu untuk pakaian muslim berupa baju koko, gamis, dan jilbab.

Diskon menarik dari produk Zoya/dokumentasi pribadi
Diskon menarik dari produk Zoya/dokumentasi pribadi

Contoh stan Zoya menawarkan diskon hingga 80% dan memberi promo untuk pembelian dua produk seharga Rp 100.000 atau tiga barang dengan harga yang sama. Stan Carlos Moreno juga menawarkan promo untuk baju koko yaitu pembelian tiga baju koko seharga Rp 300.000 atau beli satuan seharga Rp 125.000. Sementara stan Salt n Pepper menawarkan promo baju koko mulai dari harga Rp 150.000 untuk satu baju, Rp 250.000 untuk dua baju, dan Rp 300.000 untuk tiga baju sekaligus. Bahkan stan Cardinal menawarkan baju koko dan baju gamis senilai Rp 150.000,-.

Selain baju muslim, para pengunjung juga bisa membeli pakaian seperti baju, celana, kemeja, topi, dan aksesoris lain yang bisa dikenakan dalam keseharian. Untuk baju anak, ada brand dari Crocodile yang buka harga mulai dari Rp 40.000 dan brand Colour In dengan harga produk mulai dari Rp 30.000.

Sementara jiwa muda yang mau bergaya di hari raya, bisa langsung datang ke gerai Carvil saja. Wajarlah kalau stan ini selalu ramai pengunjung karena aneka produk yang dijual sangat murah dibanding gerai lain. Seperti celana jeans Carvil dijual Rp 115.000, Polo Carvil dijual hanya Rp 35.000, dan kemeja Carvil dijual hanya Rp 95.000.

Jenis kemeja tangan panjang yang ditawarkan di stan Carvil/dokumentasi pribadi
Jenis kemeja tangan panjang yang ditawarkan di stan Carvil/dokumentasi pribadi

2. Produk Kosmetik

Bagi Kompasianer yang mau tampil cantik di hari lebaran, bisa cek ke stan Loreal dan Maybeline karena punya diskon 50%. Ada juga stan Pixy yang memberi diskon 25% dan free hijab setiap pembelian minimal Rp 200.000. Revlon pun tak mau kalah obral dengan harga Rp 30.000 berikut diskon sebesar 50%. Begitu juga dengan brand Wardah Kosmetik yang menawarkan potongan harga hingga 30%. Bahkan, produk kecantikan dari The Body Shop berani memberi discount up to sampai 70%.

Diskon produk kecantikan (DokPri)
Diskon produk kecantikan (DokPri)

3. Spot untuk pencinta gaya hidup sehat 

Mungkin saja selama bulan Ramadan, aktivitas olahraga Kompasianer berkurang. Kita bisa mengembalikan kembali semangat untuk menjalankan gaya hidup sehat setelah lebaran. Tentu, dengan pilihan produk yang menunjang gaya hidup sehat agar stamina tetap terjaga.

Pilihan sepatu dari brand League/dokpri
Pilihan sepatu dari brand League/dokpri

Kompasianer bisa mendapatkan produk tersebut dari brand League. Pakaian sport dari League sebagai merk lokal yang membuat kita cinta Indonesia memberi diskon up to 50%. Hamparan sepatu yang dipajang bisa membuat kita bingung menentukan model apa yang sesuai dengan selera kita.

4. Perlengkapan otomotif

Dunia otomotif memiliki pencintanya sendiri. Mereka yang hobi pada bidang ini rela merogoh kocek berapapun untuk menjalani hobinya tersebut. Wajar saja jika Hall B JFK 2018 tampak banyak pengunjung yang lalu lalang.

Rangkaian pilihan produk helm/dokpri
Rangkaian pilihan produk helm/dokpri

Dari semua produk otomotif yang dipamerkan, helm murah menjadi daya tarik. Ada konsep lelang helm murah di stan "Helmku.com" pada area open space 2 No. 9. Pengunjung bisa mendapatkan helm dari berbagai merk ternama seperti NHK, GM, VOG, MAZ, MIX dengan harga di bawah pasaran. Cocok nih bagi Kompasianer yang mau mudik pakai helm baru.

Produk mobil dari DatSun (DokPri)
Produk mobil dari DatSun (DokPri)

Oia, jika ada yang mau beli kendaraan baru juga bisa loh. Tersedia ragam brand seperti Yamaha, Suzuki, Honda, Kawasaki, dan Datsun. Beberapa diantaranya menawarkan test drive langsung di lokasi yang telah ditentukan selama pameran.

5. Dekorasi interior dan furniture

Pilihan produk interior (DokPri)
Pilihan produk interior (DokPri)
Bagi Kompasianer yang ingin mendekorasi rumah jelang lebaran bisa mencari berbagai macam perabotan dengan promo menarik disetiap stan. Perabotan yang ditawarkan seperti bangku, sofa, meja, lemari, hingga kasur. Area kebutuhan rumah dan furniture lengkap ini terdapat di dalam Hall A1.

Dari sekian banyak stan, ada beberapa yang menawarkan produk khusus dengan kualitas paling unggul. Sebut saja, stan Hollywood dengan ragam interior bahan dasar kayu. Stan Superkids yang menyediakan interior kamar tidur khusus anak-anak. Produk dari Metabe yang terdiri dari spring bed, kursi, lampu hias, dan table bed premium home theater. Ada stan King Furniture dengan produk penjualan perabotan mewah yang berkelas. Banyak pilihan kan?

Pilihan produk interior kamar tidur khusus anak (DokPri)
Pilihan produk interior kamar tidur khusus anak (DokPri)

Penulis pun tertarik untuk dekorasi ulang tempat tidur. Ada stan yang menawarkan kasur dengan ragam bahan, ukuran, dan warna yang menggoda. Bahan yang ditawarkan mulai dari kasur air hingga kasur busa lateks. Ukuran pun beragam ada yang single, double, sampai super king size. Stan tersebut diisi juga oleh brand kenamaan seperti Airland, Bigland, Florance, Guhdo, King Koil, Romance, dan Spring Air dengan penawaran harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Promo atau diskon yang diberikan oleh produk tersebut berkisar antara 50%-85%. Selain promo potongan harga, ada juga promo penjualan yang memberikan bantal, guling, atau matras pelindung secara gratis jika kita melakukan pembelian kasur. Kita juga bisa langsung membeli sprei yang ada di stan khusus internal. Stan ini menyediakan sprei dengan berbagai ukuran kasur dan ragam motif unik. Duh, JFK memang jadi lokasi tepat untuk belanja produk interior terbaru nih.

1 set interior kamar tidur lengkap (DokPri)
1 set interior kamar tidur lengkap (DokPri)

6. Cemilan serba Rp 10.000

Stan ToraBika yang dikunjungi pengunjung/dokumentasi pribadi
Stan ToraBika yang dikunjungi pengunjung/dokumentasi pribadi
Ini salah satu spot unik yang selalu ada di Jakarta Fair setiap tahun. Mulai dari pintu masuk sampai pintu keluar, para SPG dan SPB berjajar menawarkan produk yang memang murah meriah. Cemilan serba Rp 10.000 ini juga cocok untuk pengganti takjil.

Tiga brand besar seperti Indofood, Nestle, dan Mayora menjual produknya pada stan berukuran besar yang didesain untuk memanjakan pengunjung. Produk yang ditawarkan pun beragam. Setelah membeli, pengunjung bisa menikmati produk didalamnya sambil bermain games.

Selain itu, paket cemilan juga berlaku untuk berbagai jenis makanan. Ada paket ciki dengan aneka rasa dan ukuran kemasan menarik. Ada paket biskuit dari brand-brand ternama seperti Khong Guan, Marie Regal, dan Roma Biscuit. Setiap pembelian produk, mereka juga menawarkan promo seperti ikut photo contest dengan ragam hadiah berlimpah, undian berhadiah, atau promo produk langsung.

Jika Kompasianer ingin membeli cemilan lain sebelum makan makanan berat juga bisa mencicipi kuliner seperti chicken wings, kue cubit, sosis SO NICE, cemilan FIESTA serba 5rb, Roti O, Martabak Mesir, makanan kekinian Shihlin Taiwan Street Snacks, Roti Unyil Venus Bakery, dan Lumpia Mini Semarang. Alternatif ini bisa menjadi pilihan sebelum pengunjung wisata kuliner di Expo Resto atau area kuliner khas Bali.

Tidak hanya makanan, kita juga bisa mencari cemilan berupa minuman. Ada produk dari teh Botol Sosro dan teh Pucuk Harum dengan penawaran unik masing-masing brand. Ragam minuman kopi juga tersedia dari brand Kapal Api dan Tora Bika. Bagi Kompasianer yang bukan penyuka teh dan kopi, masih bisa menikmati ragam minuman lain missal Energen, Le Minerale, minuman Yuzu, HopHop, es krim waffle, es buah jelly kekinian PONUT, dan Es Kepal Milo yang sedang hits di media sosial instagram.

Promo dari produk air mineral/dokumentasi pribadi
Promo dari produk air mineral/dokumentasi pribadi

          Ayo, Kompasianer mau belanja apa saja?

Masih banyak produk-produk lain di Hall C dan D yang belum penulis telusuri lebih dalam. Produk gadget dan peralatan elektronik juga masih banyak bertebaran memenuhi kedua hall tersebut. Ada promo trade in, promo cicilan tanpa kartu kredit, dan promo 0% dari AC Toshiba. Discount up to 30% juga diberlakukan oleh produk Maspion. Sementara alat masak anti lengket buatan Indonesia di stan Maxim dijual dengan harga Rp 11.000 sampai Rp 500.000 setelah diskon.

Tampilan aplikasi Jakarta Fair/dokumentasi pribadi
Tampilan aplikasi Jakarta Fair/dokumentasi pribadi

Supaya lebih lengkap mendapat informasi pilihan promo, Kompasianer bisa langsung download mobile app di Apps Store atau Google Play Store dengan nama aplikasi Jakarta Fair. Semua informasi menarik tentang event ini tersedia hanya dengan sentuhan jari. Ada kanal e-voucher yang memberi ribuan hadiah langsung dan promo dari stan-stan yang ada di Jakarta Fair setiap hari.

Di fitur Grand Prize yang ada pada aplikasi tersebut, pengunjung juga berkesempatan mendapat hadiah utama berupa 4 unit mobil dan 40 unit motor. Hadiah menarik lain seperti 5 unit smartphone, 5 unit LED TV, dan 3 voucher belanja Lottemart senilai @ Rp. 2.000.000 dan @ Rp 3.000.000,- juga bisa didapat jika pengunjung beruntung.

Grand Prize yang bisa pengunjung bawa pulang (DokPri)
Grand Prize yang bisa pengunjung bawa pulang (DokPri)

Sementara sambil menunggu orangtua berbelanja, anak-anak bisa bermain di area Fun World dengan pilihan permainan yang menyenangkan. Bisa juga berfoto di spot yang instragramable di arena Pasar Malam. Kalau sudah puas, pengunjung bisa langsung menikmati hiburan seru di spot panggung utama yang dimeriahkan konser music dari berbagai musisi ternama di Indonesia.

Produknya murah, acaranya meriah. Yuk, siapkan wishlist belanjaan kamu dari sekarang supaya gak kalap belanjanya!

Penulis belanja di Jakarta Fair Kemayoran 2018/dokumentasi pribadi
Penulis belanja di Jakarta Fair Kemayoran 2018/dokumentasi pribadi

Mau belanja berfaedah? Ke Jakarta Fair aja*