Pudji Prasetiono
Pudji Prasetiono Wiraswasta

Budaya, culture sosial dan ciri keberagaman adalah nilai. Alam terbentang dan terhampar elok anugerah Illahi. Buka mata dengan mata-mata hati. Menulis dengan intuisi.

Selanjutnya

Tutup

Sehatsaatpuasa

Es Degan Ijo, Serbaguna, Murah dan Menyehatkan

1 Juni 2018   23:59 Diperbarui: 2 Juni 2018   00:34 1050 0 0
Es Degan Ijo, Serbaguna, Murah dan Menyehatkan
Es Degan Ijo (Dok. Pri)

Minuman segar dan dingin merupakan hidangan yang paling dicari saat menjelang berbuka puasa. Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, pastilah tubuh mengalami dehidrasi. Terlebih saat berpuasa dengan kondisi cuaca yang relatif panas seperti saat sekarang.

Cuaca yang cenderung panas, minuman segar dan dingin menjadi salah satu pilihan utama yang pas, guna menuntaskan dehidrasi kita serta kegerahan saat berbuka puasa nanti.

Manis dan segar, menjadi barang wajib sebagai pembuka buka puasa. Karena berbukaa dengan yang manis bukan sebatas keinginan tapi sudah menjadi keharusan dicuaca ekstream seperti ini.

Minuman segar dan dingin bisa kita buat sendiri sesuai dengan keinginan juga selera masing-masing. Sekalipun banyak sekali minuman segar yang dijajakan saat menjelang berbuka puasa.

Es Degan menjadi menu minuman favorit kala berbuka puasa. Es Degan tidak hanya menyegarkan, melainkan juga simple. Es Degan mudah didapat dan gak ribet dalam pembuatan dan penyajiannya.

Disamping itu Es Degan, terutama Degan Hijau memiliki manfaat segudang yang menyehatkan, tidak hanya sebatas menghilangkan haus dan dehidrasi, namun sekaligus sebagai penangkal dan pereduksi racun-racun tubuh.

Harga Es Degan yang terjangkau membuat minuman ini menjadi minuman paling banyak digemari dan dicari. Tidak lebih dari Rp. 5.000 satu gelas es degan sudah bisa kita dapatkan. Cukup untuk memenuhi rasa dahaga setelah seharian berpuasa.

Jika satu gelas Es Degan masih dirasa kurang. Kita bisa membeli satu butir atau beberapa butir Degan utuh sekaligus untuk memenuhi kebutuhan orang serumah.

Selain diminum sebagai Es Degan biasa, kita juga bisa mengkreasikan menjadi minuman segar  dengan bahan campuran lain menjadi menu minuman spesial ala-ala caf yang harga perporsi bisa mencapai Rp. 20.000.

Lumayan tidak mengurangi rasa serta penampilan seperti caf resto, disisi lain kita bisa tetap berhemat.

Berikut bahan yang diperlukan beserta cara penyajian Es Degan Ijo Serbaguna ala chef resto.

Bahan :

1 butir kelapa muda hijau (degan ijo)

Pepaya, cukup seiris

Semangka satu iris

Nata decoco satu cup gelas kecil

Sirup manis

Cara Pembuatan :

Pepaya serta semangka diiris membentuk pola dadu.

Tuang air kelapa muda kedalam wadah atau mangkuk berukuran besar, kemudian Serut daging kelapa muda secara keseluruhan. Masukkan kedalam mangkuk beserta pepaya dan semangka yang sudah dipotong potong dengan pola dadu, setelah itu tambahkan sirup secukupnya.

Setelah semua bahan tercampur berikutnya tinggal dituang dan dipindah kedalam gelas. Setelah itu Es Degan Ijo serbaguna siap dinikmati dengan tambahan es secukupnya sesuai selera untuk menambah kesegaran.

Selain segar Es buah serbaguna memiiki kandungan vitamin dan memiliki keutamaan manfaat lebih yang terkandung dalam kelapa muda hijau. Tidak hanya segar melainkan juga menyehatkan.

Silahkan mencoba Es Degan Ijo serbaguna ini, bagi mereka yang berminat, dan selamat menunaikan ibadah puasa ramdhan.

Wasalam